Untuk membuat produk sosis, ada beraneka macam bahan yang diperlukan. Di samping daging sebagai bahan utamanya, Anda juga memerlukan casing sosis. Casing atau selongsong biasa digunakan sebagai pembungkus sosis, untuk mempertahankan bentuknya dan menjaga teksturnya agar halus. Kebutuhan casing sosis di Indonesia tentu lebih kompleks. Di mana, casing sosis halal dibutuhkan untuk proses pembuatan olahan daging ini.

Bagi produsen yang memproduksi olahan daging khususnya berupa sosis, penting untuk mengetahui casing halal yang bisa digunakan untuk proses produksi. Casing halal dapat membuat produk sosis Anda menjangkau pasar yang lebih luas di Indonesia. Selain itu, jika kualitasnya baik maka casing ini dapat digunakan seterusnya untuk proses produksi. Berikut jenis-jenis casing sosis yang paling umum direkomendasikan:

Casing Sosis Selulosa

Ini adalah jenis casing sosis yang pertama. Casing ini cukup umum digunakan karena karakteristik yang dimilikinya. Ada juga kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh casing jenis ini. Casing sosis selulosa dibuat dengan menggunakan bahan baku pulp. Anda bisa mendapatkan keuntungan jika menggunakan casing jenis ini dalam proses pembuatan sosis, karena bahan pembuatannya.

Keuntungan dari casing sosis selulosa adalah bisa dicetak dengan mudah. Selain itu, casing ini juga dapat diwarnai. Kemudian, yang tidak kalah penting yaitu harganya murah sehingga dapat menekan biaya produksi. Namun, selongsong sosis selulosa ini memiliki tekstur sangat keras. Maka dari itu, disarankan casing ini tidak dimakan. Jadi, casing ini bisa dilepas sebelum sosis diolah atau dimasak.

Casing Sosis Polyamide

Selanjutnya yaitu ada casing sosis polyamide. Casing jenis ini juga memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan yang lainnya. Ini merupakan casing atau kulit sosis yang bahannya terbuat dari material plastik. Maka dari itu, bahan plastik tersebut menjadi keunggulan yang dimiliki oleh casing sosis ini. Oleh karena itu, casing sosis ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Dikarenakan berbahan plastik, maka casing ini dibuat berpori. Namun, casing sosis polyamide memang tidak dapat dimakan. Akan tetapi, kelebihannya yaitu casing ini memiliki bentuk dan ukuran yang dapat diatur sedemikian rupa, sehingga tahan terhadap panas. Di samping itu, casing ini juga bisa dengan mudah dicetak. Jadi, sebenarnya casing ini kuat dan juga fleksibel.

Casing Sosis Kolagen

Ini adalah salah satu casing sosis halal terbaik. Secara umum, casing kolagen adalah yang cukup sering digunakan untuk proses produksi sosis. Casing ini umumnya terbuat dari kulit hewan besar sebagai bahan bakunya. Umumnya, bahan baku tersebut berasal dari sapi. Seperti halnya casing sosis pada umumnya, jenis pembungkus yang ini juga memiliki kelebihannya sendiri.

Casing sosis kolagen memiliki kelebihan yaitu bisa langsung dimakan. Ini menjadi keuntungan besar dari jenis casing sosis ini. Kemudian, casing jenis ini juga dapat diwarnai. Selain itu, casing kolagen bisa melekat pada produk sosis yang dibungkusnya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, casing ini memberikan keuntungan besar pada produk sosis yang Anda buat, karena lebih mudah dikonsumsi.

Demikian sejumlah casing sosis halal yang bisa Anda gunakan. Untuk mendapatkan casing halal berkualitas, Anda dapat memesan produknya langsung di Markaindo. PT. Markaindo Selaras menyediakan aneka macam casing sosis berkualitas. Tersedia juga berbagai macam tepung dan bumbu dapur terbaik. Untuk pembelian, Anda bisa mengunjungi situs www.markaindo.com atau mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id.