Cara mengolah daging merupakan hal yang krusial untuk diketahui. Khususnya bagi Anda yang sering memasak bahan olahan satu ini. Dengan metode yang tepat, nantinya anda bisa menghasilkan masakan yang kian lezat pula. Untuk itu, yuk simak hingga bagian akhir mengenai bagaimana langkah-langkah pengolahan daging yang tepat. 

  1. Potong Melawan Arah dari Serat

Cara mengolah daging penting untuk mendapatkan hasil olahan yang empuk sekaligus enak. Dalam memotong, perlu diperhatikan bahwa Anda harus melawan arah dari serat yang ada. Sebagai contoh, misal ada arah serat yang membujur, maka potonglah melintang. 

Begitu pula sebaliknya. Saat yang ditemui serat melintang, Anda harus memotongnya secara membujur. Dengan begitu, nantinya olahan bisa empuk sempurna. Sehingga, cita rasa pun bisa dirasakan sepenuhnya. 

  1. Pakai Suhu yang Pas Ketika Memasak

Cara mengolah daging berikutnya, yakni dengan menggunakan suhu yang cocok ketika memasak. Suhu atau temperatur di sini akan berbanding lurus dengan tingkat kematangan dari daging. Misal, Anda ingin memperoleh hasil masakan daging medium rare, maka jangan terlalu lama memasaknya dalam suhu tinggi. 

Pasalnya, memasak daging terlalu lama pada suhu tinggi justru bisa menghilangkan kualitas dari gizi serta saripati. Kondisi demikian yang kemudian seringkali membuat daging terasa keras ketika disantap. 

Selain suhu tinggi, sebaiknya juga tidak memasak daging dengan suhu terlalu rendah. Hal tersebut bisa menjadikan daging kering karena cairan di dalamnya menguap. 

  1. Masak dengan Perlahan

Cara mengolah daging selanjutnya, yaitu memasaknya secara perlahan. Metode memasak sedemikian rupa biasanya diterapkan pada pengolahan rendang dan semur. Guna memperoleh hasil daging yang empuk, pengolahannya bisa dilaksanakan secara perlahan menggunakan api sedang. Manakala sudah cukup empuk, Anda dapat menambahkan garam di atasnya. 

  1. Gunakan Meat Pounder

Cara mengolah daging yang juga penting adalah memakai meat pounder atau sering pula disebut sebagai hammer daging. Benar, layaknya fungsi hammer pada umumnya, pukulkan pada permukaan daging agar seratnya terpotong. Dengan begitu, nantinya daging bisa lebih cepat empuk saat dimasak. 

  1. Lakukan Marinasi Daging Sebelum Dimasak

Terakhir, melalui marinasi atau pemeraman terhadap daging sebelum diolah. Tujuannya, supaya daging bisa lebih empuk saat diolah. Bahan-bahan marinasi yang sering dipakai, antara lain daun pepaya, nanas, serta bumbu rempah. 

Teknik marinasi dijalankan sebelum daging dimasak. Sebaiknya, penerapan teknik marinasi ini jangan terlalu lama. Sebab, justru bisa mendorong rusaknya daging ketika dihidangkan. Usai marinasi, sebelum Anda melanjutkan untuk mengolah, alangkah baiknya untuk tidak mencuci daging terlebih dahulu. Hal tersebut dapat menjadikan tekstur daging rusak, dan juga tidak tahan lama. 

Untuk Urusan Daging Kualitas Terbaik, Serahkan Pada PT. Markaindo Selaras

Cara mengolah daging yang baik dan benar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya itu mampu menghasilkan daging olahan terbaik dengan cita rasa sempurna. Tentu agar masakan daging bisa memiliki kelezatan maksimal, penting juga memilih daging berkualitas terbaik. 

Anda dapat memperolehnya melalui PT. Markaindo Selaras. Ada banyak penawaran menarik di sini. Perihal kualitas, sudah tidak perlu lagi diragukan. Merujuk pada hal tersebut, bisa membuat hasil olahan semakin nikmat. 

Informasi secara lengkap mengenai stok bahan makanan pada supplier satu ini, langsung saja kunjungi website www.markaindo.com. Manakala terdapat pertanyaan lebih lanjut, langsung hubungi email marketing@markaindo.co.id. Perihal pemesanan, juga bisa dilakukan melalui email. 

Baca Juga : Tiga Pilihan Teknik Mengempukkan Daging yang Aplikatif dan Efisien