Olahan kentang telah menjadikan banyak ide bisa direalisasikan dan disebarluaskan dalam bentuk resep. Sebagai salah satu bahan makanan, kentang memang mudah didapatkan namun bisa memberikan sajian yang cukup istimewa. Soal rasa, meskipun termasuk dalam golongan makanan pokok, tetap terasa lezat apapun olahannya.

Wajar jika saat ini Anda bisa mendapatkan cukup banyak inspirasi olahan kentang. Kentang bisa diolah dengan cara apa saja, bisa direbus, digoreng, dikukus pun bisa. Apalagi juga bisa ditambah dengan beragam jenis bahan makanan lain, sepertinya tidak ada bahan makanan yang mengganggu kelezatan kentang jika dicampurkan.

Dua resep olahan kentang sederhana ini adalah perkedel kentang mozzarella dan kentang goreng tepung. Sama-sama sederhana, di saat perkedel kentang mozzarella layak dijadikan lauk pada momen spesial, kentang goreng tepung bisa dijadikan camilan.

Resep Membuat Perkedel Kentang Mozzarella

Bahan :

–       Perkedel instan mix atau kentang yang sudah dilembutkan (2 buah)

–       Air (100 ml)

–       Telur (1 butir)

–       Keju mozzarella

–       Minyak goreng

–       Tepung roti

Cara membuat :

1.    Buat adonan dengan cara mencampurkan kentang yang sudah dilembutkan dengan setengah telur yang telah dikocok.

2.    Buat adonan bentuk panjang dan masukkan keju mozzarella ke dalamnya.

3.    Balurkan kocokan telur yang setengahnya tadi.

4.    Balurkan tepung roti.

5.    Masukkan freezer selama kurang lebih 10 menit

6.    Panaskan minyak, dan goreng dengan api kecil.

7.    Perkedel kentang mozzarella siap disajikan.

Resep Membuat Kentang Goreng Tepung

Bahan :

–       Kentang lurus atau crinkle frozen potato (250 gram)

–       Baking powder (setengah sendok teh)

–       Bubuk bawang putih (setengah sendok teh)

–       Tepung terigu (200 gram)

–       Garam (setengah sendok teh)

–       Lada (seperempat sendok teh)

–       Air es

–       Minyak goreng

Cara membuat :

1.    Buat bahan kering dengan cara mencampurkan garam baking powder, bubuk bawang putih, tepung terigu, garam, dan lada.

2.    Buat bahan basah dengan cara mencampurkan garam baking powder, bubuk bawang putih, tepung terigu, garam, lada, dan air es sebanyak 4 sendok makan.

3.    Balurkan kentang ke bahan basah, kemudian balurkan ke bahan kering.

4.    Panaskan minyak, goreng kentang sampai kecoklatan.

5.    Kentang goreng tepung siap disajikan.

Tips Memilih Kentang

Apapun olahan kentang sederhana yang akan dibuat nanti, pastikan kentang pilihan saja yang digunakan. Sebagai bahan utamanya, tentu kualitas kentang sangat memengaruhi cita rasa olahan yang dibuat.

Hindari memilih kentang yang memiliki sisi berwarna hijau, juga hindari buah kentang yang memiliki tunas. Keduanya mencerminkan kentang yang tidak lezat untuk diolah.

Kentang yang bagus akan memiliki bentuk yang sempurna (tidak berlubang), lembut permukaannya, terasa berat, tidak retak, tidak busuk, dan juga terlihat segar. Sebanyak apapun bumbu yang digunakan, akan sempurna hasilnya jika kentang pilihan yang digunakan.

Tepung dan Bumbu Dari PT. Markaindo Selaras

Supaya sajian olahan kentang nantinya lebih istimewa, Anda bisa mengandalkan tepung dan bumbu dari PT. Markaindo Selaras. Baik itu untuk membuat perkedel kentang mozzarella maupun kentang goreng tepung, keduanya akan membutuhkan tepung yang telah disediakan.

Selain cita rasa yang terjamin lezat, semua bumbu dan tepung dari PT. Markaindo Selaras dibuat dari bahan alami. Buktikan saja kelezatannya nanti dengan hubungi marketing@markaindo.co.id  atau cek website nya www.markaindo.com.

Baca Juga : Jenis-jenis Mesin Pengolahan Daging yang Bisa Untuk Rumahan dan Bisnis