Bisnis kuliner adalah salah satu ladang uang yang paling menjanjikan. Bagaimana tidak, setiap orang membutuhkan makan. Bahkan, tidak jarang banyak orang yang hobi untuk kulineran. Di masa kini, jasa antar makanan pun juga ikut subur. Intinya, bisnis kuliner tidak akan lekang oleh waktu. Meskipun demikian, peluang kegagalan bisnis kuliner juga cukup tinggi. Bahkan, ada sekitar 60 persen bisnis kuliner bubar di tahun pertamanya. Untuk itu, Anda perlu tahu cara memulai bisnis kuliner untuk pemula dengan baik sebelumnya. Berikut adalah beberapa tips bisnis kuliner menjanjikan yang perlu Anda tahu.

Pahami Seluk Beluk Pasar Target yang Anda Tuju

Memahami pasar adalah hal terpenting yang perlu Anda ingat. Pasar makanan untuk anak muda dan pasar makanan untuk keluarga tentunya berbeda. Anda perlu menetapkan terlebih dahulu target pasar Anda baru kemudian menyelami dengan baik sifat-sifatnya. Target pasar untuk anak muda sebenarnya pasar yang paling luas. Hanya saja, anak muda tidak cukup loyal dan mudah berpindah ke produk lain. Berbeda dengan pasar untuk keluarga atau orang dewasa. 

Untuk memilih target ini, bisa dimulai dengan memperkirakan siapa yang paling membutuhkan produk Anda, menyurvei kompetitor, hingga mereview pelanggan dari bisnis kompetitor. Berbicara dengan calon pelanggan juga termasuk cara memulai usaha yang baik.

Dalami dengan Baik Produk Anda

Sebagian besar dari pengusaha kuliner tentunya sudah memiliki ide ingin menjual makanan apa. Jangan sampai ide tersebut sia-sia karena tidak didalami. Mengenal dan mendalami produk ini sangat bagus supaya Anda bisa memahami kelebihan dan kekurangan produk yang akan Anda pasarkan. 

Ketika mendalami produk, hal-hal yang perlu dicatat adalah menulis fitur serta kelebihan produk terutama yang menjawab kebutuhan pelanggan. Lalu, jangan lupa catat kelebihan produk yang Anda miliki yang tidak dimiliki oleh saingan atau kompetitor. Dari situ, Anda akan bisa menemukan keunikan yang hanya dimiliki oleh produk Anda.

Buat Konsep Bisnis yang Konkret

Cara memulai bisnis kuliner yang paling tepat adalah memilih strategi yang baik. Pastikan Anda memiliki konsep bisnis yang konkret dengan menuangkannya dalam business plan. Meskipun rencana, konsep tersebut bukan berarti dibuat asal-asalan, ya. Anda perlu menjabarkan serinci dan sekonkret mungkin supaya banyak investor yang melirik bisnis Anda. 

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah salah satu hal yang menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Kalau bisnis Anda tidak berada di tempat yang tepat, calon pelanggan pun bahkan tidak akan mengetahui keberadaan bisnis yang Anda miliki. Untuk itu, pastikan untuk memilih tempat yang mudah terlihat. 

Tidak hanya  itu, kenyamanan tempat usaha juga diperlukan. Kenyamanan itu dilihat dari ukurannya, area parkir, dan fasilitas dasar seperti toilet hingga saluran ventilasi. Lokasi yang Anda pilih tidak perlu yang terlalu mahal asal Anda bisa bernegosiasi dengan pemilik lokasi.

Desain Produk

Desain produk adalah salah satu aspek terpenting dalam bisnis kuliner. Desain produk ini dimulai dari pemilihan bahan baku, rasa dan kualitas, harga, hingga pengemasannya. Anda bisa memulainya dengan membuat beberapa jenis sampel produk. 

Apa pun produknya, kualitas tetaplah nomor satu, ya. Untuk memilih produk makanan terbaik, pilih saja Markaindo. Produk tepung dan bumbu Markaindo memiliki kualitas unggul yang pastinya membuat makanan tetap lezat. Untuk mendapatkannya, cek langsung ke www.markaindo.com atau marketing@markaindo.com, ya. 

Baca Juga : Ide Peluang Usaha Kuliner yang Menjanjikan di Tahun Ini!