Ikan kakap kukus adalah hidangan istimewa yang bisa dipilih untuk acara Imlek nanti. Juga untuk hari biasa atau momen istimewa lainnya, sebab sajian istimewa yang satu ini bisa dibuat dengan sangat mudah.

Bumbu yang dibutuhkan memang cukup banyak, dan prosedurnya tidak hanya satu atau dua step saja. Namun setelah menyimak bagaimana cara membuatnya dan apa saja bumbu yang harus ada, besar kemungkinannya Anda juga setuju bahwa sajian ini memang mudah dibuat.

Resep Ikan Kakap Kukus

Bahan :

–       Ikan kakap hitam atau kakap merah (750 gram)

–       Minyak cabai (1 sendok teh)

–       Minyak wijen (1 sendok teh)

–       Merica bubuk (setengah sendok teh)

–       Gula pasir (1 sendok teh)

–       Air jeruk nipis (2 sendok makan)

–       Minyak sayur (2 sendok makan)

–       Kecap asin (100 ml)

–       Cabai merah (1 buah)

–       Daun bawang (2 batang)

–       Bawang putih (2 siung)

–       Jahe muda (3 cm)

–       Garam (1 sendok teh)

–       Jeruk nipis ( 2 buah)

Cara membuat :

1.    Sirip ikan yang tajam digunting dan bersihkan isi perutnya. Bersihkan juga sisiknya.

2.    Badan dan bagian perut ikan dilumuri dengan air jeruk nipis, diamkan kurang lebih 10 menit.

3.    Campurkan ikan dengan minyak cabai, minyak wijen, gula pasir, merica, air jeruk, minyak sayur, dan kecap asin. Taruh ke wadah yang tahan panas.

4.    Taburi ikan dan bumbu dengan cabai, daun bawang, bawang putih, dan jahe yang telah dihaluskan atau diiris.

5.    Kukus wadah tersebut selama kurang lebih 30 menit.

6.    Angkat dan siram dengan minyak sayur yang sudah dipanaskan.

7.    Siap disajikan.

Tips Sajian Resep Ikan Kakap Supaya Berhasil

Ada tips yang sebaiknya diikuti supaya kukus sajian imlek dengan ikan kakap ini berhasil. Sebenarnya, resep ikan kakap yang dikukus ini sangat lah mudah untuk dilakukan. Mudah prosedurnya untuk skala sajian yang sifatnya istimewa dengan banyak bumbu.

Namun tetap ada yang perlu dipastikan atau diperhatikan selama pembuatannya. Adapun yang harus diperhatikan adalah kondisi ikan kakap. Selalu gunakan ikan kakap segar untuk membuat sajian ini. Sebab, akan sangat berpengaruh pada aroma atau kondisi ikan saat disajikan.

Ikan kakap yang tidak segar, akan memberikan aroma anyir atau amis yang kuat. Tentunya saat disajikan, Anda tidak mau terganggu dengan hal ini bukan?

Adapun ciri ikan kakap yang masih segar antara lain mata bersih, sisik masih lekat, serta memiliki aroma air laut yang segar.

Mungkin Anda ingin menyiapkan sajian ini semaksimal mungkin. Jika demikian, maka Anda bisa mengakalinya dengan membuat bumbunya terlebih dahulu dan dimasukkan di lemari es. Saat waktunya tiba, anda hanya perlu mengukus ikan dengan bumbu tersebut. Sirami minyak sayur sesaat sebelum disajikan.

Gunakan Bumbu dan Tepung Terbaik Dari PT. Markaindo Selaras

PT. Markaindo Selaras adalah salah satu perusahaan yang menawarkan aneka bumbu dan tepung berkualitas. Berkualitas bahan pembuatnya, berkualitas pula kelezatan yang diberikannya. Bisa mendukung pembuatan resep ikan kakap kukus kali ini.

Tidak ada salahnya untuk berkenalan sekaligus membuktikan dulu bagaimana kualitas bumbu yang ditawarkan. Untuk pemesanan, bisa melalui tim marketing langsung di marketing@markaindo.co.id. Namun jika Anda ingin cari tahu lebih banyak bumbunya, bisa buka website nya di www.markaindo.com

Baca Juga : Ide Peluang Usaha Kuliner yang Menjanjikan di Tahun Ini!