Bisnis makanan di era sekarang ini sudah semakin menjamur. Salah satu tren bisnis makanan yang sedang populer sekarang ini adalah bisnis rice bowl. Menjamurnya bisnis yang satu ini sebenarnya didasari dari banyaknya orang yang ingin makan dengan praktis tetapi bukan fast food. Dasar ide dari bisnis rice bowl ini sebenarnya berasal dari nasi campur. Di dalam rice bowl juga banyak tersedia beragam lauk yang bisa dipilih. Hanya saja, kualitas nasi rice bowl jauh lebih pulen sehingga lebih enak. Tertarik dengan bisnis ini? Ikuti tip di bawah ini, yuk!

Konsep dan Branding yang Menarik

Peminat rice bowl sebenarnya berasal dari branding makanan ini yang bukan termasuk fast food. Satu porsi rice bowl biasanya dikemas dengan beberapa bentuk mulai dari paper cup hingga boks kecil. Nah, kalau Anda berminat untuk menggeluti bisnis yang satu ini, pastikan Anda memiliki konsep dan branding yang spesifik dan nyata. 

Sangat penting untuk membuat konsep yang benar-benar mengerucut pada jenis tertentu supaya langsung terlihat keunikannya dengan produk lain. Jangan lupa juga untuk membuat logo yang mudah untuk diingat. Memilih kemasan anti air juga penting supaya cita rasa makanan sama dan bisa dihangatkan di microwave

Variasi Menu yang Menarik

Tips memulai usaha rice bowl berikutnya yang perlu Anda praktikkan adalah membuat variasi menu yang lezat dan menarik. Banyak tidaknya menu tidak perlu terlalu diperhatikan asalkan Anda memiliki variasi menu yang bisa menarik pasar konsumen yang luas. 

Konsep rice bowl sebenarnya bisa mencakup pasar yang luas karena Anda bisa memilih konsep lokal atau pun internasional. Misalnya saja, kalau Anda memiliki konsep tema menu lokal bisa menawarkan menu ayam geprek, cumi tumis, rendang, dan beberapa menu spesial lainnya. Anda juga bisa memisahkan menu yang berupa sayur-sayuran dan daging atau mencampurnya. Pilihan untuk menu internasional juga tidak kalah beragam. Contohnya, Anda bisa sediakan menu katsu, aglio olio, daging teriyaki, dan masih banyak lagi. Olah saja menunya sesuai dengan konsep restoran Anda.

Harga Jual yang Bersaing

Hal penting yang menentukan berhasil tidaknya sebuah bisnis adalah harga dari produk yang dijual. Begitu pun dengan harga produk rice bowl yang akan Anda produksi. Pastikan harga yang Anda patok ini bersaing. Tidak masalah apabila Anda mematok harga yang sedikit lebih mahal asalkan Anda yakin dengan kualitas dari restoran Anda.

Untuk mengetahui harga dari makanan yang sejenis, Anda bisa mencoba untuk survei pada restoran kompetitor. Melakukan survei itu sangat penting supaya Anda tidak membanderol makanan dengan harga yang terlalu tinggi meskipun bahan makanan yang Anda jual memang lebih berkualitas.

Nasi yang Berkualitas

Karena Anda termasuk ke dalam restoran rice bowl, tentunya memilih nasi yang berkualitas adalah hal yang menjadi prioritas. Untung saja, beras yang ada di pasaran Indonesia termasuk murah dan sangat mudah untuk mencarinya. Pastikan saja Anda mencoba beberapa beras untuk menemukan rasa dan harga yang cocok.

Nah, itulah beberapa tip untuk bisa sukses dalam bisnis rice bowl. Apa pun konsep rice bowl Anda, pastikan Anda memilih supplier yang tepat seperti Markaindo. Markaindo menyediakan beragam pilihan bumbu masakan dan tepung terbaik yang bisa memperkaya cita rasa makanan Anda. Cek saja langsung ke www.markaindo.com atau marketing@markaindo.com untuk melihat yang Anda butuhkan. 

Baca Juga : Ide Peluang Usaha Kuliner yang Menjanjikan di Tahun Ini!