Pengenyal makanan akan sangat dibutuhkan untuk olahan daging. Salah satu contohnya bakso, daging sapi tanpa pengenyal untuk makanan, tidak bisa jadi bahan masak yang disebut dengan bakso. Secara sederhana pasti Anda sudah tahu apa manfaat dari pengenyal, mengatakan fungsinya untuk mengenyalkan memang tidak salah, namun masih ada manfaat spesifik lainnya.

Jika Anda sering memasak, terutama memasak olahan daging, pasti tahu bagaimana tekstur dari daging sapi. Bertekstur, terkadang ada bagian yang teksturnya tidak tertata, dan terkadang juga sulit disatukan. Menghaluskannya saja butuh mesin khusus.

Kembali ke bahasan pengenyal makanan, ada banyak jenisnya sebenarnya. Masing-masing memiliki bahan pembuat yang berbeda, tekstur yang berbeda, seperti memiliki kegunaan pengenyal makanan yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa bahan pengenyal untuk makanan yang sudah food grade dan sudah diperjualbelikan secara bebas. Menyimak satu per satu daftar ini bisa menambah wawasan Anda.

  1. Karagenan

Untuk membuat karagenan, akan dibutuhkan bahan alam seperti rumput laut. Dengan demikian, karagenan bersifat aman untuk dikonsumsi. Biasa digunakan untuk membuat bakso karena bisa mengenyalkan dengan baik daging sapi, mau se random apapun teksturnya.

Bahan-bahan lain juga ditambahkan untuk membuat pengenyal ini. Rumput laut ditambah dengan zat kimia seperti kalium, magnesium, dan natrium dengan kadar rendah sehingga tetap aman dikonsumsi. Untuk Anda yang ingin membuat bakso, bisa langsung mengandalkan bahan pengenyal yang satu ini.

  1. STPP

Berbeda teksturnya dengan karagenan yang berupa bubuk kasar, STPP memiliki wujud sebagai bubuk berwarna putih yang terasa lembut. Mirip dengan tepung, jangan sampai tertukar jika keduanya sama-sama berada di dapur Anda nanti.

Dalam satu senyawa STPP mengandung 5 unsur natrium, 3 unsur phospor, dan 10 unsur oksigen.

Pemakaiannya harus sedikit saja, sebab jika banyak-banyak akan tercipta rasa-rasa pahit pada makanan. Lagipula, memang menambahkan sedikit saja pengenyal ini sudah bisa memberikan manfaatnya dengan baik.

Ditambah lagi, pengenyal ini 100% terbuat dari bahan kimia. Tidak seperti karagenan yang masih ada bahan alaminya.

  1. Mixphos

Wujudnya hampir sama dengan STPP, hanya saja mixpos memiliki warna kekuningan. Bahan yang satu ini memang sudah diproduksi di Indonesia, namun banyak yang diproduksi khusus untuk diimpor ke Australia.

Rasa getir dan agak pahit bisa tercipta jika penggunaannya kebanyakan. Sudah ada takaran tersendiri untuk diperhatikan siapa saja yang tertarik mencoba pengenyal ini.

Banyak juga digunakan di pembuatan bakso, hanya dibolehkan menggunakan sekitar 0,5% dari berat total daging untuk menggunakan mixphos. Satu lagi tentang mixphos, bahan ini juga bisa disebut dengan nama phosmix.

  1. Natrium Bikarbonat

Satu lagi bahan pengenyal yang aman digunakan, yaitu natrium bikarbonat. Lagi-lagi bentuknya hampir sama dengan bahan-bahan yang sebelumnya. Natrium bikarbonat memiliki warna putih dan berwujud sebagai bubuk.

Menyerupai kristal, terkadang mirip seperti baking soda. Kegunaan pengenyal makanan ini biasa diperuntukkan daging ikan dan sapi.

Mengerti beberapa jenis pengenyal untuk makanan bisa menambah wawasan Anda. kedepannya bisa lebih bebas pilih-pilih bahan jika memang dibutuhkan. PT. Markaindo Selaras telah menyediakan bahan pengenyal makanan yang sesuai dengan standar dan dibuat dengan tambahan bahan alami. Pasti aman, dan sudah diberikan info takaran maksimalnya. Silahkan saja dicoba dengan hubungi email marketing@markaindo.co.id  atau mampir ke website nya di www.markaindo.com jika anda tertarik untuk memesannya.  

Baca Juga : Ide Peluang Usaha Kuliner yang Menjanjikan di Tahun Ini!