Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Anda juga dapat mengolah daging menjadi berbagai macam hidangan yang sangat lezat. Namun, untuk menjaga kelezatan olahan daging, Anda perlu menyimpan daging tersebut dengan baik. Pasalnya, daging merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat mudah busuk. Menjaga kesegaran daging tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi pengusaha kuliner. Berikut adalah beberapa cara menyimpan daging yang tepat agar tidak mudah busuk.

Jangan Mencuci Daging

Salah satu hal yang paling sering dilupakan adalah mencuci daging sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Anda mungkin berasumsi bahwa daging harus dicuci bersih untuk membersihkannya dari kotoran dan darah. Namun, ternyata hal tersebut justru dapat mengakibatkan daging jadi terlihat kering dan alot. Daging yang dicuci sebelum dimasukkan ke dalam freezer akan mengakibatkan terjadinya freezer burn. Freezer burn merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh hilangnya cairan yang tersimpan di dalam bahan makanan tersebut akibat terkena kontak dengan udara dingin yang ekstrim. 

Proses oksidasi tersebut mengakibatkan daging mengalami dehidrasi. Daging pun menjadi kering dan teksturnya menjadi alot. Selain itu, daging juga justru rentan menjadi lebih cepat membusuk. Pasalnya, bisa saja proses pencucian tersebut justru mengontaminasi daging dengan bakteri yang ada pada air atau tempat pencucian. Proses pencucian hanya boleh dilakukan jika Anda akan mengolah daging tersebut dengan segera.

Segera Simpan Daging di Dalam Kulkas

Cara menyimpan daging agar tidak busuk lainnya adalah, simpan segera daging tersebut ke dalam freezer. Bakteri dapat tumbuh dalam jangka waktu yang cepat saat daging terekspos udara bebas. Terlebih lagi, jika suhu ruang dapur Anda hangat, maka proses pembusukan daging dapat berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, Anda sangatlah disarankan untuk segera menyimpan daging tersebut begitu sampai di rumah. Temperatur freezer yang dingin dapat menunda terjadinya proses pembusukan. Sehingga, kesegaran daging pun akan lebih terjaga.

Potong-Potong Daging Sebelum Disimpan

Sebelum menyimpan daging ke dalam freezer, akan lebih baik lagi jika Anda memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Potongan daging yang lebih kecil akan lebih mempermudah proses defrosting atau pencairan sebelum Anda mengolahnya. Tak hanya itu, mengiris daging menjadi potongan kecil juga dapat membantu mencegah kontaminasi dari jenis daging lainnya yang tersimpan di dalam ruang freezer tersebut. 

Bungkus Daging dengan Tas Plastik

Untuk menghindari freezer burn, Anda dapat memasukkan daging ke dalam tas plastik dengan ziplock. Pastikan di dalamnya tidak ada udara yang terjebak sebelum mengunci tas tersebut. Dengan menggunakan tas plastik kedap udara ini, maka udara dingin yang ada di dalam freezer tidak akan mengakibatkan daging mengalami dehidrasi. Di saat yang sama, suhu dingin dari freezer tersebut tetap mampu membekukan daging, sehingga dapat mencegah terjadinya proses pembusukan. Kontaminasi bakteri terhadap daging tersebut pun dapat dihindarkan. 

Jangan Cairkan di Suhu Ruang

Sebelum mengolah daging, pastikan untuk melakukan defrost terlebih dahulu. Namun, jangan cairkan daging di suhu ruang. Begitu daging bersentuhan dengan suhu ruang, maka bakteri pembusuk akan mulai kembali aktif. Akibatnya, daging tersebut pun akan menjadi kurang segar atau bahkan beraroma kurang sedap. Untuk mencairkan daging, sebaiknya lakukan secara bertahap. Dari freezer, pindahkan daging terlebih dahulu ke bagian chiller. Dengan demikian, daging dapat mencair tanpa memicu terjadinya proses pembusukan.

Baca juga : Ketahui Cara Mengawetkan Seafood yang Benar Berikut

Demikianlah beberapa cara menyimpan daging. Untuk mengolah daging menjadi hidangan yang lezat, Anda dapat membeli produk bumbu dan tepung masakan di Markaindo. Sebagai supplier terkemuka Nusantara, Markaindo membantu menyediakan berbagai macam pengawet makanan berkualitas, dan produk bumbu untuk para pemilik usaha kuliner dengan harga terjangkau. Anda dapat mengunjungi situs www.markaindo.com untuk mengetahui berbagai produk yang ditawarkan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengirimkan pertanyaan seputar produk maupun cara pemesanan lewat email marketing@markindo.co.id