Jika ingin beli tepung jagung, perlu mengetahui serba-serbi tepung ini, tepung menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digunakan. Umumnya, tepung bisa digunakan untuk menggoreng, membuat kue, hingga pengental saus, ketahui ulasan mengenai tepung jagung, sebagai berikut. 

  1. Tekstur

Sebelum beli tepung jagung, tekstur tepung ini menjadi hal yang perlu Anda ketahui, agar tidak salah pilih. Seperti namanya, tepung jagung berasal dari jagung, yang seluruh bijinya digiling dengan bubuk halus. 

Umumnya, warna tepung jagung adalah kuning, terdapat beberapa kandungan dalam tepung jagung. Kandungannya, serat, pati, vitamin, mineral dan protein, meskipun bahannya sama-sama jagung, terdapat perbedaan antara tepung jagung dan tepung maizena. 

Tetapi, warna tepung jagung bisa dipengaruhi warna jagung, jadi warna tepung jagung bisa kuning, putih, hingga biru. Sementara, pembuatan tepung maizena dengan cara membuang protein serta serat dari biji agung.

Dalam proses ini, menyisakan bagian tengah bertepung, yang dikenal sebagai endosperma, bagian tersebut digiling menjadi bubuk putih berbentuk pati. Sebutan lain yang dikenal dari maizena adalah pati jagung, tampilan maizena berupa pati halus dan putih bersih. 

  1. Kegunaan dan Cita Rasa 

Ketika ingin beli tepung jagung, maka Anda perlu mengetahui kegunaannya. Biasanya, tepung jagung menjadi tambahan maupun pengganti tepung terigu pada pancake, roti, wafel, hingga kue kering.

Jika tepung jagung digunakan untuk kue kering, maka akan menambah rasa seperti jagung. Sementara, cita rasa dari tepung jagung yaitu khas jagung manis, dan rasanya berbeda dengan tepung maizena.

Bisa dikatakan, tepung jagung lebih unggul ketika dijadikan bahan penambah rasa maupun dikonsumsi secara langsung. Biasanya, tepung jagung juga digunakan pada bubur jagung, seperti talam jagung. 

Talam jagung merupakan bubur jagung yang menawarkan cita rasa khas jagung, tepung jagung juga bisa menjadi campuran fuyunghai. Intinya, tepung jagung ini perlu dipadukan bersama bahan baku lain, layaknya tepung terigu.

Hal ini bertujuan agar, adonan yang dicampurkan dengan tepung jagung, tidak pecah-pecah dan lebih lentur. 

  1. Kandungan Nutrisi 

Karena bahan tepung jagung adalah biji jagung utuh, sehingga kandungan nutrisi pada tepung ini lebih banyak. Nutrisi dalam tepung jagung seperti, vitamin, mineral, serat, protein, pati dan sebagainya. 

Bahkan, tepung jagung juga memiliki lutein dan zeaxanthin, yang sangat tinggi. Tepung ini memiliki dua karotenoid yang bisa mencegah katarak, serta degenerasi makula terkait usia. 

  1. Manfaat untuk Kesehatan

Tepung jagung dan tepung maizena merupakan tepung yang sama-sama bebas gluten. Bisa dikatakan, tepung jagung dan tepung maizena bisa menjadi opsi dari tepung terigu, bagi yang intoleransi gluten. 

Tepung jagung memiliki nutrisi yang lebih tinggi, karena terbuat dari jagung utuh. Tepung jagung merupakan tepung yang kaya protein, mengandung antioksidan serta vitamin A, B, dan C. Manfaat jagung seperti memproteksi tubuh dari masalah pencernaan tertentu, termasuk penyakit divertikular. 

Gunakan Tepung Jagung Berkualitas dari PT. Markaindo Selaras

Anda bisa beli tepung jagung berkualitas bagus dari PT. Markaindo Selaras, untuk menambah kenikmatan sajian yang menggunakan tepung jagung. Selain itu, Anda bisa gunakan berbagai bumbu masakan dari PT. Markaindo Selaras, selaku pemasok bahan makanan berkualitas.Kesimpulannya, jika Anda ingin beli tepung jagung atau berbagai bumbu masakan berkualitas, maka bisa melihat berbagai produknya di www.markaindo.com. Jika ingin mengajukan beberapa pertanyaan seputar produk bumbu maupun tepung serta harganya, maka bisa menghubungi marketing@markaindo.co.id.