Tepung kentang merupakan tepung yang digunakan pada berbagai masakan Jepang, China hingga Western, warna tepung ini umumnya adalah putih. Tepung ini menawarkan tekstur crunchy di makanan yang digoreng, tepung ini terbagi menjadi beberapa jenis dan memiliki sejumlah manfaat. 

  1. Starchy 

Jenis tepung kentang starch memiliki kandungan sari pati kentang tinggi dan kelembabannya rendah. Tekstur jenis tepung ini cukup empuk serta bersifat sebagai adsorben yang baik.

Kelebihan ini menjadikan salah satu jenis tepung dari kentang ini cocok dipakai untuk baking dan frying. Tepung starchy bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan keripik kentang yang renyah, hot chips, serta mashed potato cake. 

  1. All-purpose 

Berkaitan dengan jual tepung kentang, terdapat kandungan sari pati kentang medium pada tepung all-purpose. Jenis tepung yang satu ini lebih lembab dibandingkan starchy, tepung all-purpose bisa bertahan ketika dimasukkan ke air mendidih. 

Jenis tepung ini bisa digunakan untuk boiling, roasting, pan frying, hingga membuat sup serta potato dauphinoise. Namun, tepung ini juga bisa digunakan untuk baking, deep frying, membuat mashed potato, tetapi hasilnya tidak bertekstur lembut. 

  1. Waxy

Tepung waxy merupakan tepung dengan sari pati kentang rendah, mengandung lebih banyak gula, serta uap air, sehingga lebih lembab. Tepung ini bisa mempertahankan bentuknya dengan baik, sesudah dimasak.

Jenis tepung ini sangat bagus bagi roasting, slicing serta boiling. Tepung ini bisa digunakan untuk membuat hidangan seperti salad kentang, casserole, serta sup, tetapi tidak cocok bagi mashed potato. Hal ini disebabkan, bentuknya yang tahan lama, sehingga menghasilkan mashed potato yang chunky. 

Khasiat Tepung Kentang bagi Kesehatan

Ketika Anda mengonsumsi tepung berbahan kentang ini, maka manfaat tepung kentang yang didapatkan, layaknya Anda mengonsumsi kentang. Kentang merupakan bahan makanan yang kaya senyawa flavonoid, asam fenolik, serta karotenoid. 

Senyawa-senyawa tersebut berfungsi menjadi antioksidan tubuh, sehingga mencegah radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Selain itu, kentang berperan dalam memperbaiki sistem pencernaan manusia, dengan kehadiran kandungan pati resisten. 

Kentang juga bebas dari gluten, yaitu jenis protein yang bisa dijumpai pada biji-bijian, contohnya biji gandum. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa mengonsumsi pangan dengan kandungan gluten, maka bisa menjadikan kentang sebagai alternatif pangan. 

Tetapi, perlu diketahui bahwa tidak seluruh resep makanan yang berasal dari kentang, benar-benar gluten free. Kentang merupakan sumber kalium yang baik, sehingga bisa membantu menstabilkan tekanan darah. 

Adapun, vitamin B6 pada kentang membantu menjaga kesehatan neuron maupun saraf. Bahkan, University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa vitamin B6 pada kentang, berperan menciptakan bahan kimia otak. 

Bahan kimia otak yang dimaksud seperti dopamin, serotonin dan norepinefrin. Manfaat lainnya dari kentang yaitu berperan menjaga fungsi jantung dengan baik, melalui kandungan karotenoid. 

Karotenoid merupakan senyawa yang berperan sebagai agen anti peradangan, untuk menghindari kondisi aterosklerosis. Vitamin C serta vitamin B6 pada kentang juga membantu meminimalisir radikal bebas di sel jantung. 

Dapatkan Tepung Berkualitas di PT. Markaindo Selaras 

Terkait pembahasan sebelumnya, tepung kentang ini terbagi menjadi beberapa jenis, setiap jenisnya diperuntukkan bagi olahan tertentu. Anda bisa menggunakan tepung maupun bumbu berkualitas dari PT. Markaindo Selaras sebagai penunjang industri makanan. 

Bagi Anda yang tertarik membeli tepung kentang di PT. Markaindo Selaras, maka bisa membuka www.markaindo.com untuk melihat detail produknya. Jika Anda ingin menanyakan hal lain lebih detail yang tidak ada di website, maka bisa menghubungi marketing@markaindo.co.id