Bisnis makanan memang tak ada matinya. Di antara jenis usaha lain, bisnis makanan selalu jadi primadona karena pasarnya yang sangat luas dan beragam. Terlebih lagi, saat ini makin mudah menciptakan inovasi di bidang kuliner dengan banyaknya bahan impor serta alat-alat masak canggih. Nah, untuk Anda yang baru ingin memulai terjun ke usaha kuliner, ikuti 5 Tips Bisnis Makanan berikut ini agar sukses:

Tips Bisnis Makanan yang pertama Pastikan Kualitas Makanan Terjamin

Menjalani bisnis makanan dengan modal kecil bukan alasan untuk menomorduakan kualitas makanan. Terlebih lagi, makanan yang tidak diolah dengan baik bisa berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan bagi siapa saja yang menyantapnya. Mulai dari pemilihan bahan mentah, penggunaan bahan kering dan bumbu, sampai dengan cara membersihkan dan mengolah harus diperhatikan dengan baik. Anda juga perlu mempelajari standar kualitas makanan seperti yang dilakukan di restoran-restoran besar.

Tips Bisnis Makanan kedua Rajin Berinovasi dan Tidak Pernah Puas

Yang namanya bisnis, selalu membutuhkan inovasi dari waktu ke waktu. Terlebih lagi di bisnis makanan yang banyak sekali pesaingnya. Jika Anda merasa puas hanya dengan satu menu saja, maka bisa jadi lama-lama pembeli akan bosan dan beralih ke yang lain. Cobalah untuk membuka wawasan terhadap dunia kuliner dari daerah atau negara lain. Anda bisa mengadaptasinya dan menyesuaikan dengan lidah lokal. Demikian juga untuk cara pemasaran, lakukan sesuatu yang menarik perhatian dan manfaatkan media-media digital karena lebih efektif menjangkau pembeli dalam jumlah besar.

Tips Bisnis Makanan ketiga Perlakukan Pembeli seperti Teman

Penelitian sudah membuktikan bahwa pembeli akan lebih loyal ketika mereka merasa diperlakukan istimewa oleh si penjual. Dalam hal ini, bukan berarti Anda harus memberi diskon besar atau produk gratis yang bisa merugikan penjualan. Cukup dengan bersikap ramah dan memperlakukan pembeli sebagai seorang teman, maka mereka akan merasa puas. Salah satu caranya, cobalah mencatat dan mengingat pesanan pembeli yang sering datang. Mereka akan sangat senang ketika tahu Anda bisa hafal apa saja menu yang biasa dibelinya.

Tips Bisnis Makanan keempat Pertimbangkan Harga

Harga juga memegang peranan yang tak kalah penting dalam bisnis makanan. Jika Anda mematok harga terlalu mahal, maka pelanggan akan kabur, meski sebenarnya bahan yang Anda gunakan sangat berkualitas. Lalu bagaimana solusinya? Anda bisa mencoba membuat 2 jenis ukuran menu, misalnya mini dan large. Untuk menu large, tak masalah memberi harga yang lebih mahal. Pelanggan yang merasa keberatan masih memiliki pilihan menu ukuran kecil. Jadi meski mereka tak memiliki daya beli tinggi, masih tetap bisa menikmati makanan yang Anda jual.

Yang terakhir Jangan Lupakan Layanan Setelah Penjualan

Dalam bisnis makanan, kepuasan pembeli nomor satu. Saat pembeli puas, mereka tentu akan kembali lagi. Itulah mengapa jangan hanya berhenti pada saat penjualan saja. Ketika ada pembeli yang mengeluhkan makanan jadi alot saat dibawa pulang atau komplain tentang kemasan yang mudah bocor, pastikan segera menanggapi dan memberikan solusi. Anda perlu segera meminta maaf dan menawarkan produk pengganti agar pembeli tidak kecewa.Anda juga perlu memperhatikan pembelian bahan berkualitas. Dalam hal ini, PT Markaindo Selaras bisa dijadikan pilihan tepat. Sebagai salah satu suplier bahan makanan untuk industri terbaik di Indonesia, Markaindo memiliki pilihan produk yang sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Cek produk yang Anda inginkan di www.markaindo.com atau hubungi CP di email marketing@markaindo.co.id.