Diantara sekian banyak kuliner khas Bandung yang populer, salah satu yang tak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi kota tersebut adalah siomay Bandung. Jika dilihat dari bahan dan cara pembuatannya, siomay Bandung bisa dibilang menu makanan sehat yang sarat nutrisi karena berbahan dasar ikan yang tinggi protein dan minim penggunaan minyak sebab diolah dengan cara dikukus, bukan digoreng. Bagi Anda yang rindu dengan kuliner ini namun tidak bisa datang sendiri ke Bandung, jangan khawatir. Anda bisa lho, membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan segar pilihan yang Anda pilih sendiri. Berikut ini adalah resep siomay Bandung istimewa yang mantap rasanya namun mudah pembuatannya. Simak terus, ya. 

Bahan siomay

Meskipun dalam seporsi siomay Bandung ada beberapa bahan pelengkap yang menambah kenikmatan, tidak bisa dipungkiri bahwa siomay menjadi daya tarik utama yang harus terasa lezat. Untuk bisa membuat siomay yang mantap, Anda membutuhkan: 500 gram tenggiri tanpa tulang, labu siam kukus 100 gram (haluskan), daun bawang 1 batang (iris tipis), telur 1 butir, tepung tapioka 150 gram, lada ½ sdt, minyak wijen 1 sdm, saus tiram 1 sdm, garam 1 sdt. Bahan-bahan ini nantinya harus dicampurkan dengan bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih dan 5 buah bawang merah. Untuk tepung yang digunakan, pastikan untuk memilih tepung berkualitas seperti yang diproduksi oleh Markaindo supaya tekstur siomay pas tidak terlalu keras dan rasanya tidak mengecewakan. 

Bahan saus kacang

Tidak lengkap rasanya bila menikmati siomay tanpa saus kacang. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus kacang ini adalah: kacang tanah 250 gram, cabe merah 50 gram, cabe rawit 10 buah, bawang putih 6 buah, gula merah sisir 80 gram, daun jeruk 10 lembar, air 600 ml, asam jawa 1 sdt, garam 2 sdt, kaldu ayam, kecap 1 sdm, minyak goreng 2 sdm. Oleh karena bahan saus kacang ini terbilang lumayan banyak ada baiknya Anda mulai menyiapkannya sehari sebelum membuat siomay supaya proses pembuatannya tidak terhambat bahan saus yang ternyata tidak tersedia di rumah.

Bahan pelengkap

Terakhir adalah bahan pelengkap siomay yang biasanya terdiri dari tahu, telur rebus, kentang, kol dan pare jika Anda suka. Sebenarnya untuk bahan lengkap ini bisa disesuaikan dengan selera jadi Anda bebas memilih apa saja yang akan menemani kelezatan siomay nanti

Cara membuat

Untuk membuat siomay Bandung, Anda bisa mulai dengan mencampurkan semua bahan siomay di atas, mulai dari tenggiri tanpa tulang yang sudah dihaluskan, bumbu halus, hingga tepung. Campur semua bahan di dalam wadah lalu aduk hingga rata. Ambil tahu putih yang sudah disiapkan, kerik bagian tengahnya kemudian isikan adonan siomay secukupnya sampai tahu habis. Untuk sisa adonan siomay, cetak menggunakan 2 sendok atau garpu lalu letakkan di dalam kukusan, kukus selama 25 menit hingga matang. Begitu juga dengan kentang, kol dan tahu isi tadi, kukus hingga matang. 

Selesai dengan bahan siomay dan pelengkapnya, kini waktunya membuat saus kacang. Goreng kacang tanah setengah matang. Masukan cabai merah, cabai rawit dan bawang putih. Jika sudah matang dan cabe layu, tiriskan kemudian haluskan. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis sebentar cabe dan kacang tanah, tambahkan daun jeruk aduk rata. Tambahkan air, kecap, asam jawa, kaldu ayam dan garam. Aduk terus sampai kacang mengental, jika sudah keluar minyaknya koreksi rasa, jika sudah pas matikan api.

Langkah terakhir adalah tata siomay dan semua bahan pelengkap di piring, tuang bumbu kacang diatasnya dan tambahkan sedikit perasan jeruk nipis serta kecap untuk menyempurnakan rasanya. Sudah pasti lidah Anda akan bergoyang di gigitan pertama karena siomay yang Anda buat menggunakan tepung dan bumbu dari Markaindo. Untuk info lengkap seputar produk berkualitas PT Markaindo Selaras, cek www.markaindo.com atau email ke marketing@markaindo.com.