Kue tebal dan padat dengan pastry di bagian atas dan bawah plus isian manis masam dengan potongan apel di dalamnya. Kue apakah itu? Ya, ini adalah apple pie alias pai apel yang kini semakin digandrungi saja oleh para penggemar pastry. Berasal dari Inggris, rupanya pai apel berhasil tersebar hingga ke seluruh pelosok dunia termasuk Indonesia dimana Anda bisa menemukannya nyaris di semua tempat makan baik restoran mahal ataupun resto cepat saji. Selain teksturnya yang renyah dan lembut di luar, isiannya yang segar dengan apel dan lemon membuat pai apel memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Berikut ini adalah beberapa resep apple pie sederhana yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Apple pie goreng

Eh, pai apel kok digoreng? Iya, pai apel bisa dibuat dengan berbagai cara salah satunya dengan digoreng supaya teksturnya lebih renyah. Untuk membuat pai apel goreng ini Anda membutuhkan bahan isian 100 gram apel, 100 ml air, 2 cm kayu manis, 3 sdm gula pasir, 2 sdt bubuk kayu manis, 2 sdm tepung maizena, dan garam. Sedangkan untuk kulitnya sendiri Anda akan membutuhkan 220 gram tepung terigu misalnya saja tepung dari Markaindo, 1 sdt garam, 70 gram mentega, 4-5 sendok susu cair, dan yang terakhir adalah tepung terigu untuk taburan. Setelah semua bahan siap, kini saatnya mulai berkreasi.

Buat isiannya dulu dengan merebus potongan apel dengan kayu manis hingga setengah matang kemudian tambahkan gula dan bubuk kayu manis hingga meleleh. Jangan lupa tambahkan larutan tepung maizena agar tekstur isian lebih padat dan kental. Sisihkan. Untuk kulitnya, campurkan tepung, garam dan mentega lalu aduk rata. Beri susu cair yang telah disiapkan, padatkan adonan bungkus dengan plastik lalu simpan di kulkas selama 15 menit. Setelah itu, gilas adonan setebal 3 mm lalu taburi tepung. Iris adonan jadi segi empat ukuran 12×12 cm. Ambil selembar kulit, beri 2 sdt isian. Olesi pinggiran kulit dengan sedikit air lalu lipat dua.Tekan-tekan pinggirannya dengan garpu lalu goreng pai apel hingga matang. Yummy dan crunchy

Apple pie klasik

Meskipun sudah banyak sekali modifikasi resep apple pie  yang bisa Anda coba, namun ada kalanya ingin sekali kembali ke versi klasik khas negara asalnya dulu dimana untuk menikmati pai ini Anda harus memotongnya dari loyang besar. Bahan isian yang dibutuhkan adalah 5 buah apel, 5 sdm kismis, 3 sdm almond, 4 sdm air lemon, 5 sdm gula pasir, 2 sdm gula palem, ½ sdt kayu manis bubuk dan 1 sdm butter leleh. Sedangkan untuk kulitnya Anda membutuhkan: 300 gram tepung terigu, 200 gram butter dingin, 1 sdt air lemon, 6 sdm air es batu dan garam. 

Sebagai kue klasik, cara membuatnya terbilang sederhana. Masak semua bahan isian kecuali almond dan butter. Aduk rata kemudian masukkan dua bahan tersebut, sisihkan. Untuk membuat kulitnya, campurkan tepung dan garam, lalu masukkan butter sambil aduk rata. Tuang air es sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis. Ambil ¾ adonan, gilas dan bentuk sesuai selera. Jangan lupa menusuk bagian dasarnya dengan garpu sebelum memberikan isian. Gunakan ¼ sisa adonan tadi untuk membuat anyaman sebagai penutup di atas pai apel yang sudah diberi isian, masukkan kulkas selama 30 menit. Terakhir, olesi permukaannya dengan kuning telur dan panggang di oven 180 derajat selama 45 menit. Pai apel klasik siap disantap!, beli tepung kualitas terbaik di markaindo

Mudah sekali kan cara membuatnya? Yuk, praktekkan resep apple pie di atas saat akhir pekan dan bersiaplah mendengar pujian keluarga karena rasanya yang lezat. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan tepung berkualitas dari PT Markaindo Selaras untuk mendapatkan hasil pai apel yang sempurna. Kunjungi www.markaindo.com atau hubungi marketing@markaindo.com untuk informasi produk terlengkap.