Rendang, dendeng ragi, sate, dan rawon adalah beberapa contoh sajian lezat yang menggunakan daging sebagai bahan bakunya. Teksturnya yang chewy dan juga kandungan proteinnya yang tinggi menjadi alasan utama mengapa bahan makanan ini banyak digemari. Saking gemarnya dengan daging, Anda seperti senang sekali berlama-lama di dapur baik untuk mencoba atau menciptakan resep istimewa untuk mengolah daging sehingga terasa makin menggiurkan. 

Namun demikian, terlepas dari bumbu dan rempah-rempah yang Anda gunakan untuk menyulap daging menjadi menu menggoda, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang mesti dilakukan supaya daging terasa lebih nikmat dan lembut saat dikunyah? Dengan kata lain, pengolahan daging bukan hanya proses memasak namun juga persiapannya. Berikut ini adalah cara mengolah daging yang perlu Anda tahu:

Cara mengiris daging

Daging memang bahan makanan yang ajaib. Pasalnya, hal sederhana seperti cara mengiris pun dapat memengaruhi teksturnya ketika dimasak nanti. Saat hendak memasak daging, pastikan Anda bisa melihat arah seratnya karena untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan empuk Anda harus mengiris atau memotongnya melawan serat. Misalnya saja jika kebetulan daging yang Anda beli memiliki serat melintang, maka Anda harus memotongnya membujur. Sebaliknya, jika seratnya membujur maka potonglah secara melintang. Memotong daging dengan melawan arah serat terkadang tidak bisa dilakukan sekali iris, jadi pastikan pisau yang digunakan tajam, ya.

Atur temperatur saat memasak

Kadang Anda berpikir bahwa dengan api besar daging akan cepat empuk. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar, kecuali jika Anda memang menginginkan kematangan daging yang medium atau rare. Jika ingin mendapatkan daging yang matang sempurna, gunakanlah api sedang dan masak perlahan. Karakteristik lain dari bahan makanan ini adalah memasaknya yang tidak bisa terburu-buru karena dapat memengaruhi tekstur dan kandungan air akibat Anda yang tak sabar dengan prosesnya. Jadi, jika Anda hanya punya waktu yang singkat untuk membuat rendang atau semur misalnya, rebuslah daging hingga empuk sehari sebelumnya. 

Potong serat daging dengan meat pounder

Anda tentu pernah melihat palu berbentuk persegi dengan gerigi yang digunakan untuk memukul-mukul daging. Ya, alat ini disebut sebagai meat pounder atau pemukul daging yang bertujuan untuk memotong serat daging sehingga nantinya daging terasa lebih empuk saat dimakan. Untuk mempersingkat proses memasak, Anda bisa menggunakan alat ini untuk memukul-mukul daging. Membuat daging empal dan steak  kini lebih mudah dengan adanya meat pounder, jangan lupa beli mesin pengolahan daging terbaik di markaindo.

Marinasi daging

Membumbui daging ternyata tidak hanya dilakukan ketika memasak. Bahkan sebelum memasak pun Anda disarankan untuk melakukan yang namanya marinasi atau pemeraman dengan tujuan supaya daging lebih empuk serta bumbu lebih merasuk. Misalnya saja Anda menggunakan bumbu dari Markaindo untuk menambah citarasa daging. Setelah melumurkan seluruh bumbu, diamkan sejenak hingga meresap kemudian daging siap diolah. Penggunaan bahan-bahan seperti irisan nanas juga bisa Anda lakukan untuk memperbaiki tekstur daging. Tapi ingat, jangan melakukan marinasi terlalu lama supaya daging tidak hancur ketika dimasak.

Mengolah daging memang gampang-gampang susah, tapi yakinlah bahwa tidak ada yang tak bisa dilakukan selama Anda tahu caranya. Dengan menggunakan tepung dan bumbu siap pakai PT Markaindo Selaras, mengolah daging jadi lebih mudah dan rasanyapun semakin istimewa. Cek segala produk yang tersedia di www.markaindo.com atau hubungi marketing@markaindo.com untuk informasi lebih lanjut.