Cinnamon roll adalah salah satu jenis snack yang berwujud kue basah yang cukup sering ditawarkan di kafe. Anda yang sudah pernah mencicipinya pasti merasa ketagihan dan hal ini sebenarnya cukup wajar. Banyak orang di luar sana yang setuju bahwa makanan yang satu ini memang lezat dan bisa diandalkan untuk menemani momen-momen tertentu. Juga pas dinikmati bersama minuman hangat, entah itu teh maupun kopi. 

Berbekal dengan bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda bisa membuat kue super lezat ini dari rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak terlalu banyak dan tergolong mudah dicari. Tidak menutup kemungkinan untuk bisa membuatnya dalam banyak kesempatan. Menjamu tamu, memanjakan diri, atau untuk menambah keistimewaan pada momen tertentu, snack ini bisa diandalkan.

Ketahui bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya supaya Anda bisa segera mewujudkannya. 

baca juga : Corndog snack viral yang sedang ngehits

Daftar Bahan yang Dibutuhkan

Ada bahan utama dan bahan isian untuk membuat kue basah yang satu ini. Untuk bahan utama, Anda akan membutuhkan 25 gram mentega, seperempat sendok teh garam, 80 ml air matang, setengah sendok teh ragi, 1 telur bagian kuningnya saja, 25 gram gula pasir, 10 gram susu bubuk, dan 200 gram tepung terigu.

Sebagian orang yang membuat kue ini, menggunakan susu UHT untuk menggantikan air matang. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukannya. Namun jika tidak, Anda tetap boleh-boleh saja menggunakan air yang rasanya akan tetap enak.

Untuk isian, bahan yang dibutuhkan antara lain kayu manis bubuk, kismis, kacang almond, dan gula pasir. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan selera.

Resep Cinnamon Roll

Untuk membuat resep cinnamon roll, pertama-tama Anda harus mencampurkan susu bubuk, kuning telur, gula, ragi, dan tepung terigu. Setelah dicampurkan semuanya, aduk sampai menyatu atau homogen. Kemudian tambahkan air atau susu UHT sedikit demi sedikit sampai adonan tersebut tak terlalu keras.

Jika step tersebut sudah tepat dilakukan, adonan akan bertekstur padat namun mudah untuk dibentuk. Ulen-ulen adonan ini sampai kalis. Jika sudah kalis, mulai tambahkan mentega dan garam. Jangan hanya menambahkan, karena Anda juga harus mencampurnya. Setelah tercampur dengan baik, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam. Tujuan pendiaman ini supaya adonan lebih mengembang dan akan lebih baik hasilnya setelah dipanggang nanti.

Jika sudah ditunggul selama 1 jam, maka kempiskan dan gilas adonan tersebut. Kemudian bentuk menjadi lembaran hingga seluas kira-kira satu lembar kertas HVS. Jika sudah, ke atas lembaran tersebut ditaburi dengan kismis, kacang almond, kayu manis bubuk, dan gula pasir.

Setelahnya, gulung dari bawah ke atas dengan rapi. Pastikan apa yang ditaburkan tadi tetap berada di dalamnya, jangan sampai tercecer keluar. Jika sudah, Potong menjadi beberapa bagian gulungan tersebut. Ukuran bisa menyesuaikan selera.

Jika sudah menjadi beberapa potongan, tata ke atas loyang oven yang sebelumnya telah dilapisi mentega. Kemudian dari potongan-potongan tersebut, diolesi kuningan telur yang telah dicampur dengan sedikit air. Pengolesan ini sebaiknya tipis-tipis saja.

Kemudian, masukkan loyang oven yang telah terisi adonan ke dalam oven. Oven dengan suhu 180 derajat selama 15 sampai 20 menit atau jika warnanya sudah kecoklatan.

Pesan Bahan Kue Istimewa Dari PT. Markaindo Selaras

PT. Markaindo Selaras menawarkan banyak jenis bumbu, entah untuk masakan berat atau untuk sekedar snack. Terbuat dari bahan alami, cinnamon roll yang Anda buat bisa seperti yang ditawarkan di kafe-kafe. Pesan segera yang Ada butuhkan melalui www.markaindo.com atau marketing@markaindo.co.id