Cara mengolah daging harus dilakukan dengan benar jika ingin teksturnya jadi empuk dan bumbunya meresap. Bagi yang ingin memasak aneka olahan daging, maka tentu ada beberapa tips penting untuk memastikan bahan masakan ini lembut, mudah dikunyah, dan bebas bau amis bawaan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Singkirkan Lemaknya dan Jangan Dicuci

Beberapa bagian daging tidak selalu kelihatan lapisan lemaknya. Karena itu, sebelum disingkirkan lemak-lemaknya, maka letakkan dulu di kulkas dan pastikan untuk menunggu sampai hampir beku. Lalu, bagian lemak yang berada di suhu dingin bisa dipotong menggunakan pisau agar bagian daging tidak rusak. Jangan lakukan pencucian karena itu akan membuat bakteri di air bisa masuk ke dalam lapisan dan pori-pori daging. Bahkan, lebih fatal lagi hal tersebut bisa menyebabkan pembusukan lebih cepat. 

baca juga : jenis teknik pengolahan daging yang baik dan benar

Taburi Garam dan Rebus Bersama Rempah

Yang harus dilakukan berikutnya adalah menaburi garam den merebus daging bersama dengan rempah. Cara mengoah daging dalam tahapan ini bertujuan untuk mengempukkan teksturnya agar tidak sulit dimakan dan dikunyah. Selain itu, jika direbus bersama rempah maka rasanya juga sangat enak dan lebih legit dibandingkan dengan daging mentah yang langsung diproses masak. 

Baluri Parutan Nanas dan Pir

Kedua buah-buahan ini memiliki tekstur berair dan rasa manis dengan sensasi asam. Siapa sangka, kandungan di dalamnya bisa digunakan sebagai cara mengolah daging kambing. Tepatnya, buah-buahan dengan rasa asam tersebut akan dapat menekan bakteri yang dibawa oleh bahan makanan dari organisme hidup. Dengan demikian, bau amis dari daging akan bisa dikurangi dan dihilangkan, asal pengolahannya maksimal. Bukan hanya daging sapi, tetapi daging kambing yang sangat pekat pun bisa dikurangi bau amisnya dengan cara yang satu ini. 

Bungkus Daun Pepaya

Siapa sangka, daun pepaya akan bisa menghilangkan aroma tidak sedap dan menambah tekstur lembut dari daging. Ya, kandungan daun pepaya yang bergetah justru bisa membuat daging menjadi mudah diolah, dipotong dan setelah matang bisa lebih mudah dikunyah. Jadi, mau dimasak apapun jika pengolahannya sudah tepat maka bisa lebih enak. 

Lumuri Jeruk Nipis

Cara mengolah daging yang satu ini tidak hanya berlaku untuk bahan tersebut saja. Tetapi semua bahan masakan yang terbuat dari hewan bisa dihilangkan aroma khasnya dengan menggunakan jeruk nipis. Apalagi, jeruk nipis merupakan bahan masakan yang mudah diperoleh. Jadi, pastinya tidak akan sulit memasak daging dengan memanfaatkan bahan yang satu ini. 

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Pertama, potong-potong jeruk nipis hingga berbentuk lembaran tipis. Lalu, letakkan ke seluruh bagian daging. Setelah itu, tekan tekan hingga air jeruknya keluar dan mengenai permukaan daging. Tunggu selama beberapa saat dan setelah itu masakan yang akan dibuat dari bahan daging pun akan lebih mudah untuk dikonsumsi. 

Olah Dengan Tepung dan Bumbu yang Tepat

Selama ini, banyak orang yang tidak tepat dalam memilih tepung dan bumbu untuk mengolah daging. Akibatnya, tekstur dari bahan makanan yang sebenarnya berkelas ini malah jadi kurang enak dikonsumsi, misalnya keras atau tidak juicy. Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tersebut? Gunakanlah tepung dan bumbu dari PT. Markaindo Selaras, yang sangat cocok untuk mengolah daging. Jadi, proses pematangan akan bisa lebih cepat, dengan memaksimalkan rasa khas masing-masing daging entah itu dari sapi, kambing, kelinci, atau ayam. Pastikan untuk beli di marketing@markaindo.co.id atau mengunjungi website resminya di www.markaindo.com.