Bosan dengan menu pisang yang digoreng? Jika ya, maka Anda bisa mencoba resep pisang karamel dengan tekstur crispy yang lebih renyah di mulut. Variasi olahan pisang memang tak ada habisnya, dan Anda bisa mencoba camilan manis yang satu ini karena selain enak, bahan-bahannya pun mudah didapat. Berikut adalah ulasan lengkap seputar bahan-bahan dan prosedur pembuatan makanan yang renyah tersebut. 

Bahan Resep Pisang Karamel Crispy

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat olahan pisang ini antara lain 100 gram gula pasir, 5 buah pisang ambon, 1 sendok makan gula merah yang disisir halus, serta 2 sendok makan mentega. Lalu, apabila ingin membuat kulitnya sendiri, maka bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 70 gram tepung beras, 100 gram tepung terigu, 2 butir putih telur, 1 sendok teh garam, dan air secukupnya. 

Cara Membuat Resep Pisang Karamel Crispy

Setelah mengetahui bahan-bahannya, kini Anda dapat membuat makanan ini. Pertama-tama, lelehkan gula pasir hingga menjadi karamel. Setelah itu, campurkan pisang yang sudah dikupas dan dipotong menjadi setengah bagian melintang hingga pipih. Aduk-aduk sampai merata hingga karamelnya menempel pada pisang. Setelah semua pisang sudah matang, maka sisihkan. 

Cara Membuat Kulit yang Renyah 

Lalu, langkah berikutnya adalah membuat kulit pisang karamel yang mirip seperti kulit lumpia. Jadi, teksturnya cenderung tipis dan crispy. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan tepung beras, tepung terigu, garam, putih telur, dan air ke dalam sebuah mangkuk. Lalu, aduk sampai merata dengan menggunakan spatula kayu berukuran kecil. Kemudian, tuangkan dan ratakan pada penggorengan anti lengket yang sudah dipanaskan menggunakan api kecil. Pastikan teksturnya tipis dan renyah. 

Lakukan Penggulungan dan Berikan Topping

Langkah selanjutnya adalah dengan menggulung pisang di kulitnya. Kemudian, segera lekatkan sebelum mongering dan rapikan gulungan tersebut. Setelah diangkat dari penggorengan, maka Anda bisa menambahkan topping sesuai selera. Misalnya saja sirup maple, kental manis, kismis dan bubuk gula. Dengan takaran saji yang tepat, Anda akan bisa memperoleh berbagai nutrisi lengkap pada menu tersebut. 

Setiap 2 potong pisang dengan olahan karamel, Anda bisa mendapatkan protein 0,4 gram, lemak 3,58 gram, karbohidrat 9,74 gram, lemak jenuh 0,481 gram, serat 0,7 gram, lemak tak Jenuh ganda 1,729 gram,  gula 4,58 gram, lemak tak jenuh tunggal 1,181 gram, serta sodium 1 miligram dan kalium 137 miligram.

 Yang lebih sehat lagi, tidak ada kolesterol dalam olahan pisang yang satu ini. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya sebagai menu andalan untuk makan pagi atau bekal ketika bekerja maupun sekolah anak-anak. Selain praktis dan mudah dimakan, rasanya pun enak serta crunchy

Aneka Bahan Terbaik Bisa Dibeli di PT Markaindo Selaras

Anda kesulitan mencari bahan-bahan yang berkualitas dan terjamin status kelayakan pangannya? Jika ya, maka jangan ragu untuk membeli aneka tepung di PT Markaindo Selaras. Ada beragam pilihan tepung untuk olahan apa saja, mulai dari camilan seperti pisang karamel, lumpia, sosis solo dan lain sebagainya. 

Atau, Anda ingin membuat olahan makanan berat dengan bahan berkualitas? Tenang saja, ada beragam produk yang siap dibeli dengan mudah dan dikirim ke seluruh Indonesia. Anda tinggal menghubungi email marketing@markaindo.co.id untuk pemesanan atau pertanyaan seputar produk. Selain itu, katalog onlinenya juga dapat diakses melalui website www.markaindo.com. Selain tepung, ada juga beragam bumbu yang pastinya bisa membuat masakan lebih lezat.