Bagaimana cara membuat kulit pie agar renyah dan manisnya pas? Selama ini, bisa jadi ada beberapa hal yang dilakukan selama proses pembuatan kulit dari camilan enak ini, sehingga rasa dan teksturnya pun terpengaruh. Padahal, jika rasanya sesuai dengan harapan, maka tentu camilan ini akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi, terutama bagi anak-anak. 

Ya, di dalam sekeping pie susu, terdapat lemak 5,15 gram, energi 438 kj, lemak tak jenuh ganda 0,313 gram, lemak jenuh 3,032 gram, kolesterol 42 miligram, protein 2,03 gram, lemak tak jenuh tunggal 1,442 gram, serat 0,3 gram, gula 3,92 gram, sodium 43 miligram, karbohidrat 12,54 gram, dan kalium 37 miligram. Karenanya, sangat penting membuat kulit pie yang enak supaya camilan bergizi ini bisa lebih diminati. 

Ketahui Tips dan Cara Membuat Kulit Pie Agar Teksturnya Renyah

Supaya tidak mengalami kegagalan, maka cara membuat kulit pie yang kurang tepat harus diperbaiki. Lalu, apa saja tips yang perlu diperhatikan? Berikut adalah beberapa poin pentingnya. 

Pada Langkah Pemilihan Bahan, Pastikan Kualitas Terigu yang Terbaik

Salah satu kesalahan dalam membuat kulit pie adalah pemilihan bahan yang kurang tepat. Sebaiknya, Anda menggunakan tepung berprotein sedang, karena yang berprotein tinggi justru bisa menciptakan tekstur keras dan kurang renyah. Bukan hanya tepung, mentega dan telur yang dipakai sebaiknya diletakkan di kulkas hingga suhunya menurun. Bahkan, margarin beku akan lebih mudah memaksimalkan tekstur renyah pada kulit pie. 

Saat Mencampur Adonan, Jangan Dibuat Kalis Tapi Berbutir

Lain halnya dengan roti, kulit pie merupakan adonan yang cenderung bertekstur butiran tak rata. Jadi, jangan membuatnya menjadi kalis, seperti pada mie atau roti karena akan mempengaruhi rasa. Supaya teksturnya sesuai dengan kebutuhan, maka pakailah alat pengaduk khusus untuk mencampur semua komposisi bahannya agar suhu tak berubah. Hindari menggunakan tangan untuk mengaduk adonan, karena hal ini bisa menaikkan suhu dari campuran yang dibuat. 

Proses Pencetakan yang Sesuai Proporsi

Setelah mengaduk adonan sampai teksturnya pas, selanjutnya Anda harus mencetak kulit pie tersebut. Ada banyak orang mengalami masalah ketika melewati prosedur ini. Jadi, jangan sampai gilingannya terlalu tebal atau tipis, karena hal ini dapat mempengaruhi tingkat kerenyahan dan juga rasa. Pastikan ukurannya sesuai dan ketebalannya pun proporsional. 

Pastikan Kulit Sudah Matang Sebelum Diangkat Dari Panggangan

Masalah yang sering muncul ketika membuat kulit pie adalah tekstur yang keras. Hal ini dipengaruhi oleh proses pemanggangan yang kurang sesuai. Jika Anda mengangkat pie yang belum matang dan kemudian memasukkannya lagi ke loyang, maka hasilnya akan menjadi keras. Apabila ingin mengecek tingkat kematangan kulit  pie, gunakan garpu yang ditusuk-tusuk dan pastikan tidak ada adonan menempel ketika mengangkatnya dari loyang. 

Perhatikan Suhu dan Durasi Pemanggangan

Pernah melihat kulit pie yang hangus atau bahkan terlalu keras? Jika ya, mungkin Anda perlu mencoba tips berikut. Pastikan suhu oven adalah 150 celcius. Lalu, soal durasinya, jangan lebih dari 35 menit karena bisa menyebabkan hasilnya menjadi hangus dan pahit. Selain itu, setelah oven mati, biarkan sekitar 5 menit sebelum diangkat dan diisi. 

Belilah Bahan Berkualitas Untuk Kulit Pie 

Selain tips soal prosedur pembuatannya, Anda juga harus memperhatikan bahan-bahan yang digunakan. Untuk membuat kulit pie diperlukan tepung berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di PT Markaindo Selaras. Tidak hanya tepung, ada juga aneka bumbu yang sangat bisa menunjang berbagai masakan. Kunjungi website resminya di www.markaindo.com atau langsung pesan aneka produk berkualitasnya melalui email marketing@markaindo.co.id.