Katsu ayam adalah olahan chicken fillet yang berasal dari Jepang, dan biasanya diiringi dengan kuah, saus, atau salad ala negeri matahari terbit tersebut. Karena rasanya sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, maka tak heran jika olahan ayam tersebut banyak dicoba oleh resto atau bahkan juru masak di rumah. Penasaran dengan bahan dan cara pembuatan katsu berbahan ayam? Berikut ulasannya. 

Bahan Resep Katsu Ayam Kuah Kari

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep katsu ayam kuah kari antara lain 75 gram tepung bread crumbs, 4 dada ayam fillet tenderloin, dan minyak untuk menggoreng. Lalu, untuk proses marinasinya dibutuhkan bahan setengah sendok teh merica bubuk, 2 siung bawang putih, setengah sendok teh garam, dan  2 sendok teh saus tiram. Ada juga bahan pencelup antara lain setengah sendok makan tepung beras, 3 sendok makan tepung terigu,air dan garam secukupnya, serta  1 sendok makan tepung bumbu serbaguna. Lalu, bahan untuk membuat kuah kare Jepangnya yaitu 1 batang wortel yang dipotong dadu besar, setengah siung bawang Bombay, 3 block curry jepang, 2 buah kentang potong dadu besar, gula, air dan garam secukupnya. Kemudian, bahan untuk saladnya antara lain 5 lembar kol kubis iris melintang, 1 buah wortel uk kecil potong korek api tipis, 4 sendok teh gula pasir, dan 1 sendok teh cuka masak. Terakhir, bahan untuk saus saladnya yaitu 2 sendok teh saus wijen kewpie, 5 sendok makan mayonnaise, dan 1 sendok teh gula pasir.

Cara Membuat Resep Katsu Ayam Kuah Kari Jepang

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat katsu ayam. Rendam ayam menggunakan bahan marinasi dan pastikan seluruh permukaannya terkena larutan tersebut. Diamkan dan pastikan semua bagian terendam, dan terbalur setidaknya 60 menit. Kemudian, mix semua bahan pencelup dengan spatula  sampai agak kental. Setelah itu, celupkan ayam yang sudah direndam dalam marinasi tadi sambil dibaluri tepung bread crumbs. Panaskan penggorengan dengan minyak untuk deep fry, kemudian goreng sampai berubah warna menjadi coklat keemasan. Lalu, rebus sayuran hingga setengah matang agar tidak terlalu lembek. Panaskan minyak dalam jumlah sedikit, lalu tumis bawang Bombay yang sudah dipotong hingga harum. Tambahkan air sesuai selera  dan curry block lalu aduk hingga mengental. JIka sudah mengental maka baru masukkan wortel serta kentang potong setengah matang tadi. Untuk saladnya, mix kol kubis dengan potongan wortel pada sebuah pinggan. Kemudian tuangkan cuka dan gula pasir. Aduk hingga tercampur lalu biarkan di lemari pendingin sekitar 15 menit. Tambahkan saus wijen, saus mayonais dan juga gula. Lalu, salad dressing sudah ready untuk dilumurkan ke rendaman sayur. 

Membuat Katsu Ayam Kuah Kari Mudah Dengan Bahan PIlihan

Bagaimana, apakah katsu ayam dengan kuah kari Jepang ternyata cukup mudah? Ya, step by step di atas adalah cara mudah untuk membuat olahan katsu tersebut, dengan variasi kuah dan juga salad yang bernutrisi. Jika ingin membuat olahan ayam dengan lebih mudah, Anda harus menggunakan tepung dan bumbu yang tepat, supaya rasa serta teksturnya benar-benar yummy. Lalu, di mana tempat untuk beli bahan pembuat katsu seperti tepung dan bumbu berkualitas? Jawabannya adalah di PT Markaindo Selaras yang memiliki banyak produk tepung serta bumbu dengan citarasa terbaik serta standar kesehatan tinggi. Yuk cek aneka produk di katalognya pada alamat website www.markaindo.com. Jika menemukan pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi contact person di email marketing@markaindo.co.id.