Siapa sangka, ada beberapa resep jalangkote yang bisa dibuat dengan mudah, misalnya varian isi mie telur dan jalangkote siram saus. Keduanya tetap memiliki citarasa khas Makassar dan pastinya dibuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh. Berikut adalah resep dan cara pembuatan dari makanan ringan tersebut. 

Bahan Resep Jalangkote Siram Saus

Untuk membuat jalangkote siram saus, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kulitnya yaitu 10 sendok makan minyak goreng, 300 gram tepung terigu, 2 sendok makan mentega cair, serta garam dan air secukupnya. Lalu, bahan isian untuk resep ini antara lain 1 batang wortel iris, 1 buah kentang ukuran sedang dan ayam fillet dicincang. 

Sementara itu, untuk membuat sausnya dibutuhkan 6 butir bawang merah, 8 siung bawang putih,  1 sendok teh perasan cuka atau jeruk nipis, 4 buah cabai rawit, 2 sendok teh gula pasir, 8 buah cabai merah, setengah sendok teh garam, dan 600 ml air. 

Cara Membuat Jalangkote Siram Saus

Ada beberapa langkah untuk membuat jalangkote siram saus. Pertama, tuangkan mentega cair ke dalam wadah yang sudah terisi tepung terigu dan aduk rata sampai teksturnya berbutir. Lalu, tuangkan pula air hangat ke dalam adonan dan aduk sampai kalis.

Diamkan adonan dalam waktu kurang lebih 60 menit sembari ditutup dengan kain maupun plastik. Giling adonan sampai pipih, lalu cetak membentuk bulatan kurang lebih sebesar ukuran tangan. Perlahan, tata isian ayam fillet cincang dan sayur ke dalam adonan pipih tersebut. Lalu, seperti halnya kue pastel, pertemukan sudut dengan melipat bagian yang berhadapan sampai membentuk setengah lingkaran. Pelintir ujungnya sampai mirip dengan pastel dan goreng sampai matang. 

Langkah Pembuatan Saus Jalangkote dan Penyajiannya

Untuk sausnya, blender cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula dan garam. Masak sampai mendidih dengan air secukupnya dan tambahkan jeruk nipis. Lalu, untuk penyajiannya Anda dapat meletakkan jalangkote hangat di piring atau pinggan. Kemudian, siram beberapa baris jalangkote tersebut dengan saus asam manis. Pastinya, sensasi gurih, asam dan legit akan terasa begitu menggoda. 

Ingin Isian yang Berbeda? Cobalah Resep Jalangkote Isi Mie Telur

Sebenarnya, cara pembuatan jalangkote isi mie telur sama persis dengan jalangkote siram saus. Perbedaannya adalah pada isian yang tidak menggunakan ayam fillet. Jika Anda ingin mencoba resep jalangkote dengan isian mie telur, maka bahan yang digunakan adalah 4 buah wortel potong kecil, 2 keping mie telur, 2 buah daun bawang potong tipis, 5 buah ubi jalar potong kecil, 2 buah daun sup potong tipis, dan 3 buah telur rebus yang dipotong tipis. 

Masak mie telur seperti saat mengolahnya untuk dimakan seperti biasa, tetapi jadikan olahan ini sebagai isian dari jalangkote. Cara membuat adonan jalangkote dan prosedur penyajian dengan sausnya sama persis seperti jalangkote isi ayam fillet di atas. 

Mudahnya Masak Jalangkote Dengan Bahan Terbaik Dari PT Markaindo Selaras

Apabila Anda bingung mencari bahan untuk membuat resep jalangkote yang enak, maka jangan lupa untuk mengunjungi website www.markaindo.com. Di sana, ada beragam produk yang menarik dan juga tips memasak untuk hasil berkualitas. Selain menjual tepung sebagai bahan jalangkote, ada juga aneka bumbu yang sangat bisa membuat rasa olahan makanan menjadi lebih lezat. Anda bisa melakukan pemesanan atau bertanya tentang produk di email marketing@markaindo.co.id untuk mendapat jawaban seputar bahan makanan terbaik dari PT Markaindo Selaras.