Bagi Anda yang ingin mencoba membuat lauk atau camilan untuk keluarga, maka resep bakso ayam tentu bisa dipertimbangkan. Karena olahan dari ayam tersebut memang banyak disukai semua orang dari berbagai usia, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Berikut adalah 2 pilihan resep yang menarik untuk dicoba, yaitu bakso ayam kuah dan isi telur. 

Bahan Bakso Ayam Kuah

Untuk membuat adonan bakso, dibutuhkan bahan-bahan seperti 100 gram es batu kecil-kecil, 500 gram dada ayam fillet potong-potong, 1 sendok teh penuh bawang putih bubuk, 2 putih telur, 1 sendok teh penyedap jamur, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh baking powder, 50 gram tepung tapioka, 50 gram tepung sagu dan 2 liter air. 

Lalu, bahan kuah baksonya antara lain 5 siung bawang putih haluskan, 1,5 liter air kaldu ayam, 1 batang daun bawang yang diiris, sejumput garam, 1 sendok teh merica bubuk, penyedap jamur secukupnya, serta minyak goreng. Terdapat bahan pelengkap untuk resep ini, misalnya sawi iris, mie kuning rebus, daun seledri iris, daun bawang merah iris, kecap manis, saus tomat, jeruk nipis, sambal , dan bawang goreng.

Cara Membuat Bakso Ayam Kuah Kaldu

Selanjutnya, setelah semua bahan disiapkan maka Anda langsung dapat mencoba cara membuat adonan bakso. Pertama, giling ayam serta es batu dengan menggunakan mesin khusus. Lalu, tuangkan putih telur, penyedap jamur, bawang putih, garam dan baking powder. Tuangkan tepung sagu serta tapioka, kemudian lanjutkan proses penggilingan. 

Setelah tercampur rata, tuang ke dalam wadah untuk selanjutnya dibentuk bulatan sembari langsung dimasukkan ke dalam rebusan air mendidih. Rebus dengan api kecil agar matang hingga ke bagian dalam. Untuk kuahnya, didihkan air kaldu dan tambahkan tumisan bumbu daun bawang, bawang putih, dan merica ke dalamnya. 

Masukkan bakso yang sudah matang, tunggu beberapa menit sampai kaldu merasuk dan tambah garam serta penyedap jika dibutuhkan. Sajikan dengan topping tambahan yang telah disiapkan, mulai dari mie, sayuran, hingga saus dan sambal.  

Variasi Bakso Isi Telur Dari Bahan Ayam

Dengan cara pembuatan dan bahan yang sama persis seperti resep bakso di atas, Anda bisa membuat variasi menu berbeda, yaitu bakso isi telur. Jenis yang digunakan bisa telur ayam maupun telur puyuh. Ya, saat ini ada saja bakso berukuran besar yang isinya telur ayam, atau bakso telur biasa dengan ukuran standar yang diisi telur puyuh. 

Perbedaan dari cara pembuatany hanya terletak pada pengisian telur ketika proses membulatkan. Jadi, ketika membulatkan bakso maka seluruh bagian telur harus tertutup sempurna agar tidak pecah di tengah dan menyebabkan isian lepas dari baksonya. Kemudian, jangan sering mengaduk rebusan bakso apabila terdapat isian berupa telur, apalagi jika telur ayam yang ukurannya besar, karena lebih rawan pecah. 

Berbagai Bahan Bakso Ayam Mulai Tepung Hingga Bumbu Terbaik

Setelah mengetahui bahan dan cara membuat resep bakso ayam di atas, maka Anda bisa mulai berbelanja aneka produk yang diperlukan untuk mengeksekusinya. Misalnya saja tepung dan bumbu yang menjadi dua bahan penting dalam pembuatan bakso, seperti pengenyal bakso food grade, bumbu bakso, dan lain-lain.

Jika Anda ingin membeli produk tepung serta bumbu dengan kualitas terjamin, maka pastikan untuk cek katalog PT Markaindo Selaras di website www.markaindo.com. Anda juga dapat menghubungi email marketing@markaindo.co.id untuk pemesanan dan pertanyaan seputar produk-produknya.