Setiap orang yang menyukai daging tentu mengetahui cara mengempukkan daging yang mudah dan praktis untuk sehari-hari. Apalagi jika memasak merupakan sebuah hobi atau pekerjaan, maka membuat daging menjadi empuk adalah hal yang wajib untuk dikuasai. 

Cara yang digunakan untuk membuat daging berubah menjadi empuk ada banyak macamnya. Bahkan saat ini terdapat cara A hingga Z untuk mengempukkan daging yang biasa diolah menjadi makanan super lezat. 

Namun, ada baiknya Anda memilih menggunakan bahan alami saja jika ingin mengempukkan daging yang akan dimasak. Cara mengempukkan daging menggunakan bahan alami merupakan cara teraman karena tidak ada efek buruk yang ditimbulkan oleh bahan-bahan alami. Selain itu, menggunakan bahan alami juga lebih mudah dan murah.

Bahan Alami Untuk Mengempukkan Daging

Alam sudah menyediakan banyak untuk kepentingan hidup manusia, termasuk untuk membuat daging menjadi empuk. Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging ini sangat mudah kita temui di lingkungan sekitar kita. Apa saja bahan alami tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

Garam

Sepertinya garam merupakan bahan alami yang pasti ada di dapur Anda. Garam sangat mudah didapatkan dan juga bukan merupakan bahan dengan harga yang sangat mahal. Garam bekerja dengan memecahkan ikatan protein pada daging sehingga daging akan lebih empuk nantinya. Cara mengempukkan daging dengan garam adalah dengan menaburi garam secukupnya di atas daging yang akan dimasak dan biarkan selama satu jam. Jika dirasa sudah cukup, cuci bersih daging dan daging siap untuk diolah.

Bawang Putih

Sama seperti garam, bahan ini pasti selalu ada di dapur Anda. Cukup taburkan potongan atau tumbukan bawang putih ke atas daging dan diamkan selama kurang lebih 12 jam (setengah hari). 

Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang bisa mengempukkan daging dengan cepat. Hanya dengan mencampurkan cuka apel dan air secukupnya, daging bisa menjadi lebih empuk dalam waktu 15 menit saja. Jadi balurkan campuran cuka apel dan air untuk membuat daging menjadi empuk jika ingin memasak dengan waktu yang lebih cepat.

Nanas

Memakai buah nanas merupakan cara mengempukkan daging dalam waktu super cepat. Baluri daging dengan potongan nanas. Jika daging berukuran besar, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengempukkan daging bisa sampai 30 menit. Namun jika daging berukuran kecil, cukup tunggu hingga 10 menit saja. Jangan terlalu lama agar daging tidak hancur.

Setelah Diempukkan, Maka Anda Bisa Membuat Olahan yang Nikmat

Jika sudah memilih cara mengempukkan daging yang paling tepat, maka tahap selanjutnya adalah memasak daging. Daging yang sudah empuk tentu siap untuk dimasak bukan? Anda bisa memilih berbagai bumbu untuk memasak daging yang tersedia di pasaran. 

Bahkan Anda juga dapat membuat sendiri bumbu yang diinginkan di rumah bersama buah hati tercinta. Taburkan saja bumbu yang sudah dibuat atau dibeli pada daging yang sudah dibersihkan. Biarkan selama beberapa saat agar bumbu meresap. Setelah itu, daging yang empuk pun dapat dibuat menjadi masakan super lezat. Mudah bukan?

Beli Produk Tepung dan Bumbu Masakan Terpercaya 

Cara mengempukkan daging agar daging bisa lebih mudah diolah terdiri dari beragam pilihan. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai untuk memasak daging. Agar daging yang sudah empuk tersebut bisa diolah menjadi makanan lezat, maka pastikan untuk menggunakan bumbu makanan yang terjamin kelezatannya. 

Jika tidak ingin repot membuat bumbu, Anda bisa membeli bumbu melalui jasa yang sudah terpercaya seperti di PT Markaindo Selaras. Penasaran? Kunjungi websitenya www.markaindo.com. Di sini, Anda bisa memilih berbagai bumbu unggulan dengan rasa yang terjamin nikmat. Katalog online yang disediakan pun sangat lengkap. Bahkan Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan ini jika mengembangkan bisnis kuliner. Hubungi saja marketing@markaindo.co.id untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.