Garlic powder atau bubuk bawang putih merupakan bagian dari single spices atau bumbu tunggal yang berfungsi sebagai penyedap makanan alami. Manfaat garlic powder ternyata sangat banyak, sehingga tidak heran jika ada banyak istilah di berbagai negara untuk menyebut bahan makanan yang satu ini. Agar bisa menjadi sebuah bubuk, maka bawang putih harus digiling terlebih dahulu. Setelah itu, proses pengeringan dan penghancuran bisa dilakukan agar mendapat bentuk bubuk kering yang sempurna, tanpa mengurangi citarasanya. 

Macam-macam Garlic Powder Berdasarkan Tekstur dan Penggunaannya

Bagi Anda yang ingin tahu tentang karakteristik bumbu yang satu ini berdasarkan tekstur serta penggunaannya, maka berikut ini adalah beberapa jenis garlic powder yang bisa Anda manfaatkan. Jangan lupa, fungsikan sesuai dengan kebutuhan dan menu yang akan dibuat agar rasanya bisa sesuai dengan keinginan. 

1. Garlic Powder Berbentuk Butiran Pasir

Karena bentuknya yang menyerupai butiran pasir, jenis bawang putih bertekstur agak kasar ini bisa dicampurkan dalam kaldu, kuah, sup dan makanan yang bersantan. Jadi, bentuk butiran pasirnya akan semakin menyebar ke bagian dalam kuah masakan dan meresap ke isiannya. Ketika dihangatkan, maka kelezatan dan citarasa dari bahan makanan pelengkap ini akan semakin merasuk ke dalam bagian-bagian kecil di dalam daging, ayam, atau sayuran yang dijadikan bahan masakan. Sudah terbayang kelezatannya bukan? 

Baca juga : manfaat Potato Flakes

2. Garlic Powder Berbentuk Butiran Pasir Panggang

Dengan tekstur yang mirip dengan garlic powder bentuk butiran pasir, bawang putih dengan permukaan yang juga kasar tetapi sedikit beraroma berbeda ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang hobi memasak tumisan, nasi goreng, atau cah sayuran. Mengapa demikian? Dengan aroma khas panggang yang dimiliki oleh produk single spices ini, maka rasa lezat dari tumisan akan semakin bercitarasa tinggi. Bukan hanya itu, garlic powder berbentuk butiran pasir panggang juga bisa membantu menghilangkan bau khas dari ikan, cumi atau bahan-bahan masakan yang ditumis. Berbeda dengan masakan berkuah yang biasanya lama direndam, tumisan harus diolah secara cepat dan kadang beberapa bahan makanan tetap memiliki bau khas yang amis atau kurang serap. Oleh karena itulah, jika Anda memasak makanan laut terutama dengan metode tumis, maka sebaiknya gunakan jenis bawang putih bubuk tersebut untuk mengharumkan aromanya. 

3. Garlic Powder Berbentuk Butiran Halus

Seperti namanya, garlic powder yang satu ini memang memiliki permukaan yang lembut dan sangat direkomendasikan untuk penyempurna makanan di meja. Jadi, apabila Anda menginginkan sentuhan rasa bawang lebih pekat, maka serbuk halus ini bisa ditaburkan pada makanan yang telah terhidang di meja. Cara penggunaannya sangat mudah, seperti halnya lada bubuk dan garam. Karena tekstur yang sangat halus maka tidak diragukan lagi, produk ini sangat cocok diletakkan di meja saji sebagai penambah citarasa masakan paling lezat. 

Agar bisa membeli garlic powder dengan berbagai macam yang rasa dan kandungan gizinya lengkap, maka Anda bisa membeli produk dari Wiberg Berger & Co.  Namun, jangan khawatir untuk mendapatkan bawang putih bubuk yang diproduksi dari luar negeri ini. Tanpa harus repot membeli di luar negeri, Anda tinggal membuka website Markaindo yang siap memberikan aneka bumbu tunggal dengan kualitas terbaik. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515.