Secara umum makanan sehat adalah makanan berserat. Makanan yang berserat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Serat merupakan salah satu kandungan dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Hal ini dikarenakan serat sendiri berfungsi untuk mengikat air serta membantu memperlancar pencernaan Anda. Serat juga digunakan untuk menurunkan kadar lemak karena mengikat lemak untuk turun dan diproses di pencernaan Anda. Serat juga berguna untuk mengatur kadar kolesterol tubuh dan membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh Anda. Serat memiliki berbagai macam jenis salah satunya adalah serat fiber.

Apa Itu Serat Fiber?

Serat fiber atau yang biasa disebut serat makan adalah bagian dari tumbuhan yang mengandung karbohidrat dan dapat diproses di pencernaan Anda. Secara umum serat pangan mengandung polisakarida, oligosakarida, lignin dan segala jenis lainnya yang berhubungan dengan tanaman. Berdasarkan tingkat larutnya, serat pangan dibagi menjadi dua yaitu serat yang larut dan tidak larut. Serat fiber sendiri bisa didapatkan baik dari memakan tumbuhan langsung ataupun menambahkan serat fiber olahan pada makanan Anda.

Manfaat Serat Fiber Untuk Makanan

Seiring dengan berkembangnya teknologi, serat fiber sudah dikembangkan dan diproduksi untuk makanan. Secara umum serat fiber umumnya diberikan pada produk makanan olahan untuk membantu meningkatkan kualitas makanan olahan. Adapun beberapa manfaat serat fiber pada makanan adalah yang pertama meningkatkan kandungan air dalam makanan olahan atau bisa juga menjaga kandungan air dalam makanan olahan agar bertahan lebih lama. Manfaat serat fiber yang kedua adalah membantu produk olahan untuk memiliki daya tahan yang lebih lama. Sehingga produk olahan dapat disimpan lebih lama.

baca juga : manfaat serat fiber untuk tubuh

Manfaat yang ketiga adalah serat fiber menjadikan makanan olahan memiliki tekstur yang baik setelah diproses. Memberikan serat fiber untuk makanan juga dapat membantu meningkatkan makanan olahan untuk tahan terhadap suhu tertentu saat makanan tersebut diolah. Hal ini pastinya akan menjaga makanan olahan tetap segar meski sedang diolah. Dan pastinya dengan keadaan di atas menggunakan serat fiber untuk makanan juga turut memberikan rasa yang nikmat pada hasil akhir produk olahan tersebut. Karena makanan olahan dijaga kualitas, rasa, suhu dan kesegarannya dengan menggunakan serat fiber sehingga makanan pasti akan jadi lebih nikmat untuk dinikmati dan dikonsumsi.

Produk Serat Fiber Untuk Makanan

Salah satu produsen serat fiber untuk makanan adalah perusahaan dari Amerika Serikat bernama Solvaira Speciality Inc. Perusahaan satu ini memproduksi dua macam serat fiber yang bisa Anda gunakan untuk produk olahan Anda. Merk yang diproduksinya antara lain JustFiber dan Solka-Floc. Adapun kedua serat fiber ini memiliki fungsi yang berbeda. Kedua produk ini dibedakan berdasarkan partikel yang dikandungnya. Satu partikel besar yang baik untuk produk olahan seperti roti dan kue. Dan satu lagi dengan partikel kecil yang baik untuk produk olahan seperti saus dan salad. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk serat fiber untuk makanan olahan Anda agar lebih tahan lama, Anda dapat menemukan produk serat fiber di Markaindo. Karena di Markaindo jual serat fiber untuk makanan olahan secara lengkap. Anda juga dapat mencari berbagai informasi mengenai kandungan dan fungsi serta manfaat serat fiber hingga jenis jenis serat fiber untuk makanan olahan melalui website Markaindo. Untuk informasi lebih lanjut bisa juga melalui email Markaindo yang tertera di website Markaindo.