Tepung jagung adalah salah satu tepung yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tepung jagung adalah tepung yang umumnya dimanfaatkan untuk mengentalkan makanan. Jenis makanan yang menggunakan pengental dari tepung jagung contohnya adalah capcay. Sajian makanan berupa kuah kental di Indonesia memang lazim menggunakan tepung jagung. Namun, tahukah Anda beberapa fakta terkait tepung jagung yang banyak digunakan ini? Apakah tepung jagung hanya untuk makanan atau bisa digunakan untuk industri lainnya?

Fakta pertama tentang tepung jagung yaitu komposisi utama bahannya. Sesuai dari namanya, tepung jagung sudah pasti terbuat dari jagung. Biji jagung yang sudah dipipil kemudian dikeringkan dan dihaluskan menjadi tepung. Kedua, bentuk tepung jagung sangat khas. Tepung jagung memiliki warna putih hampir mirip dengan tepung tapioka tapi teksturnya lembut. Ketiga, tepung jagung baik untuk kesehatan. Tepung jagung memiliki beberapa kandungan seperti karbohidrat yang dapat menghasilkan energi. Sebagaimana diketahui, jagung sendiri adalah makanan sumber karbohidrat yang juga banyak digunakan sebagai makanan pokok.

Selain itu, manfaat lain tepung jagung bagi kesehatan yaitu membantu menurunkan kadar gula darah. Keempat, tepung jagung banyak digunakan sebagai komposisi bahan pangan baik untuk kue maupun masakan lauk. Kelima, tepung jagung adalah produk pangan bebas gluten sehingga aman untuk penderita celiac. Hal ini menjadikan tepung jagung aman untuk mereka yang sensitif dengan gluten. Salah satu supplier tepung jagung yang terkenal dengan produk tepung dan pati dari berbagai tanaman termasuk jagung yaitu Meelunie B.V. Perusahaan ini menyediakan tepung jagung untuk skala penggunaan yang lebih luas. Tepung jagung ini tidak hanya bisa digunakan untuk makanan atau food grade tetapi juga pakan ternak dan industri lain.

Dalam pemasarannya, Meelunie B.V. telah membedakan tepung jagung ini berdasar nama merek yang berbeda agar Anda tidak salah membeli. Merek tersebut yaitu Windmill dan Promill. Windmill adalah merek yang digunakan untuk komposisi makanan. Salah satu contoh produk dengan merek Windmill yaitu Corn Starch Food Grade. Penjualan tepung jagung Windmill sangat populer di Indonesia. Sementara merek kedua yaitu Promill yang digunakan dalam produksi pakan ternak. Anda yang memiliki dua industri ini bisa menggunakan tepung jagung Windmill dan Promill sebagai bahan baku utama. Anda juga bisa menggunakan Corn Starch Native Windmill sebagai filler produk daging olahan.

Dengan bahan ini, Anda bisa menggantikan komposisi daging dengan tepung jagung dari Meelunie B.V. dengan tidak terlalu mengubah cita rasa. Selain sebagai filler, tepung jagung Windmill juga bisa digunakan untuk roti, puding, kue, mie, sereal, bahkan saus. Di luar Windmill dan Promill, Meelunie B.V. masih memiliki jenis tepung jagung yang lain untuk industri lain. Mengingat fungsi dari tepung jagung yang dapat digunakan sebagai pengental maupun perekat, Meelunie B.V. juga menyediakan tepung jagung untuk digunakan pada industri lem, kertas, dan karton.

Tepung jagung memiliki banyak manfaat untuk bisa digunakan di beberapa bidang industri. Untuk menggunakan tepung jagung yang tepat, Anda perlu untuk memerhatikan jenis tepung jagung apa yang dibutuhkan. Meelunie B.V. telah menyediakan tepung jagung dengan tiga kegunaan besar yaitu untuk makanan, pakan ternak, dan industri kertas serta lem. Anda dapat menggunakan produk-produk berkualitas tinggi ini dalam produksi industri Anda. Bagi Anda yang membutuhkan merk tepung jagung Meelunie B.V. bisa mengunjungi website Markaindo.