Tepung menjadi salah satu bahan masakan yang wajib ada di dapur Anda. Bahan masakan yang satu ini bisa digunakan untuk menunjang aneka masakan Anda, mulai dari membuat lauk tampak lebih renyah dan gurih, membuat kuah menjadi kental, hingga sebagai bahan utama pembuatan kue. Banyaknya kegunaan yang dimiliki tepung inilah membuat bahan masakan satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

Saat ini juga telah tersedia macam macam jenis tepung yang bisa Anda temukan di pasaran. Aneka jenis tepung tersebut juga memiliki kegunaannya masing-masing. Sehingga Anda perlu mengenali karakteristik dari setiap tepung sebelum menggunakannya. Untuk menambah wawasan Anda mengenai perbedaan dari masing-masing tepung, kenali berbagai jenis-jenis tepung di Indonesia berikut ini:

Tepung Terigu

Jenis tepung yang satu ini tentu yang paling populer. Di mana banyak bahan masakan yang mencantumkan  tepung terigu di dalam resep pembuatannya. Tepung terigu sendiri terbuat dari biji gandum yang telah melalui proses pengolahan. Selain memiliki tekstur yang halus, tingkat elastisitasnya juga terbilang sangat tinggi.

Tepung terigu juga terbagi menjadi beberapa kelompok yang berbeda, mulai dari tepung terigu protein tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan dasar mie, tepung terigu protein sedang untuk membuat aneka kue, dan tepung terigu protein rendah untuk membuat gorengan yang renyah. Anda bisa menyesuaikan penggunaan tepung terigu sesuai dengan kelompoknya.

Tepung Jagung atau Maizena

Tidak kalah populer dengan tepung terigu, jenis tepung yang satu ini juga seringkali digunakan sebagai salah satu bahan dalam membuat masakan. Tepung jagung sendiri lebih populer disebut dengan tepung maizena. Tekstur yang dimiliki tepung satu ini juga halus, dan terlihat tidak jauh berbeda dengan tepung terigu. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, tepung maizena memiliki warna yang lebih keruh dan pucat. Tepung maizena sendiri seringkali digunakan untuk membuat kue lebih renyah atau sebagai bahan pembuat kuah kental.

Tepung Beras

Sesuai dengan namanya, tepung yang satu ini terbuat dari beras yang telah melalui proses penumbuhan. Tepung ini juga memiliki warna putih dengan tekstur yang halus. Penggunaan tepung beras sendiri seringkali digunakan untuk membuat aneka kue tradisional. Salah satunya yakni kue mangkok. Selain dijadikan sebagai bahan pembuat kue, tepung beras juga merupakan bahan utama pembuatan bihun.

Tepung Ketan

Tekstur yang dimiliki tepung ketan hampir menyerupai tepung beras. Hanya saja, tepung beras memiliki tekstur yang sedikit lebih halus. Tepung yang terbuat dari beras ketan ini memiliki sifat yang begitu kenyal. Sifat kenyal tersebut membuat tepung ketan juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan kue tradisional atau jajanan pasar. Seperti kue getas, onde-onde, dan masih banyak lagi.

Tepung Roti atau Panir

Jenis tepung satu ini terbuat dari roti tawar yang telah melalui proses pengeringan dan penumbukan. Tepung roti yang dijual di pasaran tersedia dengan dua warna yang berbeda, yakni warna putih dan warna oranye. Tepung roti seringkali digunakan pembungkus atau lapisan terluar dari sebuah masakan, diantaranya seperti kroket, katsu, hingga risoles.

Baca juga : kenali perbedaan jenis tepung dan kegunaan nya

Setelah mengetahui karakteristik dan kegunaan dari masing-masing tepung, kini saatnya Anda mulai berbelanja dan membeli tepung yang sesuai kebutuhan Anda. Untuk lebih memudahkan Anda dalam membeli aneka jenis tepung tersebut, kini Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi website Markaindo. Berbagai bahan masakan lainnya juga tersedia secara lengkap di website satu ini.