Ada rasa rindu dengan masakan khas Bali namun belum bisa ke Bali? Jangan sedih terlebih dahulu nyatanya makanan tradisional Bali ini bisa dibuat di rumah saja dengan mudah. Anda juga bisa menemukan bahan dan bumbu yang dibutuhkan di pasaran. Menu ini bisa menjadi selingan yang enak untuk masakan keluarga. Penasaran dengan menu apa saja yang bisa dibuat? Jangan lupa simak penjelasannya di bawah ini!

Makanan Tradisional Bali Simple

  1. Rujak Buleleng

Makanan pertama yang bisa dibuat di rumah adalah Rujak Buleleng. Menu yang satu ini membutuhkan bahan-bahan berupa buah yang dipotong kecil lalu disiram dengan bumbu rujak yang pedas. Untuk membuat bumbunya Anda perlu bahan seperti pisang batu, cabai rawit, garam, terasi, gula aren Buleleng dan cuka. Kemudian bumbu ini harus dihaluskan dan diguyurkan ke potongan buah. Rasanya sangat segar dan pedas secara bersamaan, cocok dimakan saat siang hari. 

  1. Nasi Jinggo

Menu berikutnya yang membuat rindu dengan Bali adalah Nasi Jinggo. Makanan ini sebenarnya sama saja seperti nasi bungkusan pada umumnya hanya saja dari segi rasa lebih identik dengan pedas dan gurih. Kemudian untuk menikmatinya harus dilengkapi dengan sambal, sambal goreng tempe, mie, daging dan sate lilit. 

  1. Laklak

Menu ketiga yang enak adalah Laklak. Menu ini adalah kue khas Bali meskipun bentuknya memang mirip dengan surabi. Cara membuatnya juga cukup unik dengan menggunakan kendi yang dibakar di atas api. Rasanya sangat enak dengan tekstur cukup lembut ketika dimakan. Sementara untuk bagian luarnya cenderung lebih garing sehingga menghasilkan komposisi tekstur yang enak. 

Untuk penyajiannya Laklak ini didampingi dengan sirup gula merah, santan dan taburan kelapa di atasnya. Sehingga membuat perut lebih kenyang dan puas ketika menikmatinya. 

  1. Nasi campur Bali

Bali juga punya makanan berupa nasi campur dengan pilihan aneka lauk yang cukup banyak. Sesuai dengan namanya menu ini terdiri dari beberapa campuran komponen seperti sambal embe, sambal matah, lawar ayam, urap, bumbu khas Bali, ayam suwir, sate lilit Bali dan nasi putih tentunya. Rasanya sangat lengkap mulai dari manis, gurih, pedas semuanya menjadi satu kesatuan yang komplit.

  1. Lawar

Sebagai salah satu komponen dalam Nasi Campur Bali Lawar ini ternyata juga menjadi menu favorit. Lawar ini terbuat dari beberapa campuran sayuran segar dan bergizi. Untuk membuatnya Anda perlu bumbu rempah Bali, kelapa parut, sayur nangka dan kacang panjang. Kemudian dicampurkan sampai merata. Anda juga harus tahu bahwa Lawar ini jenisnya juga beragam mulai dari lawar babi, lawar ayam dan daging entok. 

  1. Serombotan

Anda lebih suka menu berbau sayuran? Menu Serombotan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Sayuran yang digunakan adalah buncis, pare, tauge, terong bulat, kangkung, bayam dan kacang panjang. Kemudian diberikan bumbu Kalas khas Bali yang terbuat dari campuran santan, ketumbar, kunyit, lengkuas, kencur, bawang putih dan bawang merah. Anda bisa menambahkan sentuhan bumbu kacang untuk meningkatkan cita rasanya. 

Makanan Tradisional Bali Lebih Mantap dengan Bumbu dari PT Markaindo Selaras

Bingung mendapatkan bumbu-bumbu untuk membuat makanan Bali? Jangan khawatir semua bumbu ini tersedia dalam bentuk bubuk hanya di PT Markaindo Selaras. Perusahaan ini menyediakan bumbu dapur bubuk, aneka tepung sampai dengan bungkus sosis dengan kualitas yang terjamin. 

Anda ingin memesan bumbunya? Silahkan langsung menghubungi email marketernya di marketing@markaindo.co.id.. Masih ingin melihat produk lainnya yang tersedia? Silahkan mengunjungi laman website www.markaindo.com