Sedang ingin memulai sebuah usaha namun bingung jualan apa? Jangan khawatir nyatanya Anda bisa mencoba usaha ayam goreng dengan modal yang ringan. Apalagi untuk cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis. Olahan menu ini juga banyak yang menyukainya, rasanya gurih dan krispi namun tetap lembut di bagian dagingnya. Bisa menjadi pilihan lauk yang tepat di waktu apa saja, cukup dengan nasi hangat dan saos sambal. 

Kenali Usaha Ayam Goreng Modal dan Keuntungan

  1. Biaya awal membuka usaha

Untuk membuka usaha ayam goreng Anda perlu modal utama untuk menyiapkan beberapa peralatan dan bahan dalam pembuatannya. Peralatan ini berkaitan dengan alat masak, alat untuk membungkus, dan juga keperluan lain yang tidak langsung habis. Sementara untuk bahan bisa berupa tepung, minyak goreng, ayam, gas dan juga bahan habis pakai lainnya. 

Ditambah dengan biaya banner, brosur promosi dan juga sewa kios maka modal awal untuk membuka usaha ini adalah sekitar Rp4 jutaan saja. 

  1. Biaya untuk bisnis harian

Setelah selesai dengan modal awal Anda juga harus tahu bahwa bisnis ini harus dijalankan secara harian. Dalam hal ini cobalah untuk merinci kebutuhan mulai dari tepung maizena, tepung terigu, baking soda, ayam, minyak goreng, bumbu dapur pelengkap dan bahan lainnya untuk membuat ayam. Jika diasumsikan satu ekor bisa dibuat menjadi 8 bagian dan total ayam yang dibutuhkan adalah 10 ekor setiap harinya. Maka, modal untuk bisnis harian ini adalah sekitar Rp600 ribuan. 

  1. Biaya bulanan usaha

Untuk mengetahui jumlah biaya bulanan yang harus dikeluarkan dalam membuka usaha ayam goreng ini adalah dengan mengalikan terlebih dahulu biaya hariannya. Total Rp600 ribu itu dikalikan sebanyak 30 kali sesuai jumlah hari dalam sebulan. Kemudian tambahkan dengan kebutuhan untuk kuota internet yang bisa digunakan untuk promosi online dan terima pesanan. Tambahkan lagi dengan kebutuhan gas elpiji selama sebulan dan gaji untuk karyawan ketika dibutuhkan. 

Jadi, setelah dihitung berdasarkan biaya kasarnya dan semua kebutuhan untuk membuka usaha ayam ini maka uang yang dibutuhkan adalah sekitar Rp3 jutaan. 

  1. Analisa keuntungan usaha ayam 

Selanjutnya Anda juga harus tahu bahwa untuk memulai bisnis ini juga penting mengetahui analisa keuntungannya. Semisal saja satu potong ayam bisa dijual dengan harga Rp10 ribuan dan dikalikan sebanyak 80 potong kalikan lagi 24 sesuai jumlah hari buka. Hasilnya bisa menjadi angka Rp20 jutaan dalam sebulannya. 

Namun Anda jangan langsung senang karena jumlah ini harus dikurangi dengan biaya bulanan dan operasional harian. Barulah nanti bisa ditemukan laba bersih dari usaha yang dijalankan ini. Adapun laba bersih yang didapatkan dari usaha ayam ini adalah sekitar Rp2 jutaan. Anda bisa untung lebih banyak dengan membuka usaha yang pasti enak ini. 

Usaha Ayam Goreng Lebih Enak Dengan Bumbu Dari PT Markaindo Selaras

Rasa ayam goreng krispi bisa lebih enak menggunakan tepung dan bumbu instan dari PT Markaindo Selaras. PT ini menyediakan berbagai macam kebutuhan bumbu dapur instan yang lezat, tepung sampai dengan bungkus sosis yang berkualitas. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan dapur baik untuk jualan maupun untuk dapur sendiri. 

Anda ingin melihat produk apa saja yang ada di PT Markaindo? Silahkan cek di website www.markaindo.com. Ingin langsung memesan? Tentu saja bisa Anda langsung saja menghubungi email marketing@markaindo.co.id untuk pelayanan yang lebih mudah.