Anda tentunya sudah banyak mendengar permen viral yang satu ini, ternyata untuk membuatnya juga cukup mudah. Resep dalgona candy ini hanya membutuhkan dua bahan saja jadi Anda bisa mempraktekkannya di rumah lebih praktis. Permen ini identik dengan rasa manis dan sensasi sedikit pahit karena proses pembuatannya. Anda hanya perlu memberikan pola di tengahnya sesuai keinginan untuk membuat permainan permen ini lebih menarik .

Resep Dalgona Candy

Bahan yang dibutuhkan :

  • Siapkan kertas roti seperlunya
  • Anda bisa menggunakan cooking spray atau minyak goreng sebagai gantinya
  • Baking soda ¼ sdt
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat :

  1. Langkah pertama untuk membuat permen ini adalah dengan menyiapkan loyang kecil sebagai wadah untuk membuat permennya. Jangan lupa untuk melapisinya menggunakan kerta roti sampai merata. 
  2. Selanjutnya siapkan teflon anti lengket untuk membuat permennya karena bahannya nanti akan lengket jika sembarangan menggunakan alat masak. Jangan lupa menggunakan stainless steel untuk pengaduknya.
  3. Tuangkan cooking spray atau minyak goreng secukupnya ke atas teflon. Masukkan gula dengan keadaan kompor yang sedang sambil terus diaduk secara cepat. Paling tidak waktu mengaduk yang dibutuhkan adalah sekitar 2 menitan. 
  4. Pindahkan teflon dari kompor kemudian taburi dengan baking soda dan aduk kembali sampai merata mengembang. 
  5. Pindahkan dalgona ke loyang yang telah diberikan kertas roti dan dioleskan dengan minyak goreng. Ratakan dengan spatula dan bentuk sampai bagus. 
  6. Gunakan cooking cutter untuk  memberikan bentuk pada permen sesuai selera. 

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder untuk Permen Dalgona

Bahan penting dalam pembuatan permen dalgona ini adalah gula dan baking soda. Gula yang bagus bisa dilihat dari butirannya yang masih satu persatu dan belum basah. Gula ini juga memiliki aroma yang manis dan tidak apek. Selain pemilihan gula yang bagus Anda juga harus memperhatikan pemilihan pengembangnya. Apalagi masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan baking soda dan baking powder sehingga mereka asal-asalan dalam menggunakannya. 

Baking soda ini cocok digunakan untuk kue dengan bahan yang mengandung asam. Bahan ini jika digunakan pada adonan kue akan membentuk gelembung-gelembung dan membuat kuenya mengembang dengan baik. Sementara untuk baking powder bahannya sendiri sudah asam dan cocok digunakan untuk adonan kue yang tidak menggunakan bahan asam. Penggunaannya identik dengan kue yang proses memasaknya dipanggang. 

Perlu diperhatikan bahwa untuk membuat permen dalgona yang dibutuhkan adalah baking soda. Jadi ketika pernah membuatnya namun gagal bisa dikarenakan kesalahan pemilihan pengembangnya. Anda juga harus memperhatikan kualitas dari setiap penggunaan bahan permennya agar bisa renyah dan mudah untuk dibentuk sesuai pola yang diinginkan. 

Resep Dalgona Candy Lebih Enak Dengan Pengembang Dari PT Markaindo Selaras

Perlu dipahami bahwa dalam membuat permen dalgona komponen penting untuk membuatnya pengembang adalah baking soda dari PT Markaindo Selaras. PT ini menyediakan banyak kebutuhan dapur baik untuk dapur pribadi atau keperluan jualan. Tidak hanya pengembang, Markaindo juga menyediakan tepung, bumbu masak instan sampai dengan bungkus sosis dengan kualitas yang menjanjikan. 

Penasaran dengan produk apa saja yang tersedia? Anda bisa langsung mengunjungi laman website resminya di www.markaindo.com. Langsung ingin melakukan pemesanan? Juga mudah sekali silahkan menghubungi email marketingnya di marketing@markaindo.co.id untuk pelayanan yang lebih cepat dan baik.