Bumbu rendang bisa dibuat dari beragam rempah yang sangat familiar di Indonesia. Sebagai salah satu masakan tradisional, rendang memang cukup banyak dikenal dan mulai dimasak tidak hanya oleh orang Padang saja, tetapi juga masyarakat di seluruh Indonesia. Ternyata, cara membuatnya bisa dilakukan dengan cukup praktis. Berikut adalah beberapa ulasan tentang bahan dan prosedur pembuatannya. 

Resep Bumbu Rendang

Bahan: 

  • Bawang merah sebanyak 7 siung yang dihaluskan.
  • Bawang putih sebanyak 5 siung yang dihaluskan.
  • Jahe berukuran 3 cm yang digeprek.
  • Kunyit berukuran 2 cm yang dihaluskan. 
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar yang dikoyak. 
  • Lengkuas secukupnya yang dihaluskan. 
  • Daun kunyit yang sudah dibuang bagian tulangnya sebanyak 1 lembar.
  • Serai sebanyak 1 batang yang sudah digeprek dan diikat.
  • Cabai rawit sebanyak 15 atau sesuai dengan selera. Jika ingin membuat rendang versi tidak pedas, maka jangan menggunakan cabai rawit. 
  • Cabai giling halus sebanyak 4 sendok makan atau secukupnya. 
  • Garam secukupnya dan setengah sendok teh pala bubuk.

Cara Membuat: 

  1. Langkah yang pertama yaitu daging sapi dicuci hingga bersih. 
  2. Kemudian, bumbu-bumbu seperti jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, dan juga lengkuas dihaluskan. 
  3. Tambahkan dengan setengah sendok teh garam garam. 
  4. Untuk cabai rawit, lakukan proses penggilingan kasar saja. Anda bisa menggunakan alat tumbuk atau cobek. 
  5. Masukkan semua bumbu halus ke dalam daging yang telah dicuci. Campurkan semuanya dalam wadah dan tambahkan cabai yang telah digiling. 
  6. Kemudian, masukkan santan kental yang ditambah dengan daun kunyit, daun jeruk, serta serai geprek ke dalam penggorengan cekung. 
  7. Panaskan santan hingga mendidih tetapi jangan sampai pecah. Kemudian, masukkan daging setelah mendidih. Jangan lupa kecilkan api setelah memasukkan daging. 
  8. Sambil terus diaduk, masukkan pala bubuk secukupnya dan tes rasa. 
  9. Apabila cabainya kurang atau ada beberapa rasa yang kurang tajam, Anda dapat menambahkannya sesuai selera. 
  10. Setelah sudah tercampur rata, kemudian pindah rendang menuju kuali besi agar minyaknya akan bisa keluar. Tunggu dan tetap aduk sampai warnanya menjadi coklat. Selain itu, ciri lain masakannya matang adalah aromanya sedap. 
  11. Pastikan untuk memakai api kecil, masukkan potongan kentang dan kacang merah sesuai selera.
  12. Setelah sudah matang, maka matikan api dan kemudian sajikan dengan nasi hangat. Buat juga sambal hijau khas Padang jika Anda ingin memasak kelengkapannya. 

Tips Memasak Resep Bumbu Rendang

Resep bumbu rendang yang enak akan semakin maksimal rasanya dengan pilihan daging khas yang merah. Sirloin atau tenderloin adalah 2 opsi terbaik untuk membuat masakan bertekstur lembut yang punya rasa spicy ini. Kemudian, pastikan juga untuk memberikan penguat rasa, bumbu dan tepung yang sesuai dengan kebutuhan untuk memaksimalkan rasanya.

Aneka Pilihan Bumbu Terbaik dari PT Markaindo Selaras

Anda akan bisa mendapatkan aneka bumbu terbaik dari PT Markaindo Selaras. Produk yang ditawarkan adalah bumbu aneka makanan, produk tepung, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih apa saja bahan yang diperlukan dan pastinya akan mendapatkan kualitas terbaik serta bernutrisi. 

Kemasannya pun sangat terjamin rapi dan higienis. Apalagi, Anda bisa langsung mengecek produk yang ada di website www.markaindo.com . Kemudian, jika ingin langsung memesan baik dalam jumlah sangat besar atau terbatas, Anda bisa langsung menghubungi marketing@markaindo.co.id yang siap untuk membantu dalam menyelesaikan pesanan secepat mungkin.