Cara menyimpan daging yang sudah direbus dengan benar merupakan aspek krusial yang wajib diketahui. Sebab, ketika daging itu tidak disimpan secara tepat, kualitasnya berpeluang mengalami penurunan. 

Hal tersebut memicu hasil olahan tidak memiliki cita rasa maksimal sebagaimana yang diharapkan. Perihal teknik dan metode penyimpanan, tentu berbeda antara daging yang sudah direbus dengan yang belum. Adapun cara untuk menyimpan daging yang sudah dimasak ke dalam kulkas, sebagai berikut. 

  1. Simpan Daging Dalam Wadah

Cara menyimpan daging yang sudah direbus ke dalam kulkas diawali dengan menyimpan daging itu terlebih dahulu ke dalam wadah. Pemilihan wadah dalam hal ini pun harus diperhatikan dengan seksama. 

Pastikan wadah yang digunakan itu memiliki penutup. Sehingga, nantinya daging bisa berada aman dalam satu wadah yang tertutup tanpa terkontaminasi hal lain. Jangan lupa untuk menutupnya secara rapat guna menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. 

  1. Pakai Wadah Tertutup

Selain baik untuk menjaga kualitas dari daging, penggunaan wadah tertutup sedemikian rupa membuat daging tidak akan tumpah saat disimpan. Sangat dianjurkan pula untuk memotong daging sebelum menyimpan supaya tidak terlalu memakan banyak ruang. 

  1. Hindari Plastik untuk Wadah Penyimpanan 

Cara menyimpan daging yang sudah direbus berikutnya, terkait wadah penyimpanan hindari bahan dari plastik. Pastikan bahwa wadah yang dipakai itu aman sebagai penyimpan makanan. Jika itu plastik, pastikan memiliki kode 5 dengan memenuhi standar food grade. Apabila sudah tersimpan rapi pada satu wadah, akan lebih baik menyimpannya di daerah rak lantai dua maupun tiga bagian kulkas. 

  1. Usahakan Tidak Terlalu Lama Menyimpan

Cara menyimpan daging yang sudah direbus, perlu diperhatikan perihal jangka waktu penyimpanan. Kendati aman tersimpan dalam kulkas melalui wadah tertutup yang sudah diaplikasikan untuk membungkus daging, tetapi penyimpanan terlalu lama tidaklah efektif. 

Jangka waktu yang direkomendasikan adalah selama 5 hari. Lebih dari 5 hari memungkinkan tekstur dari daging yang disimpan itu mengalami kerusakan. Apalagi keadaan daging sudah direbus. Oleh karena itu, agar ketika akan dimasak lagi kualitas daging tidak mengalami penurunan, sebaiknya simpan dalam waktu kurang dari 5 hari. 

  1. Sebaiknya Jangan Menyimpan di Freezer

Mengenai bagian penyimpanan di dalam kulkas, alangkah baiknya untuk tidak menyimpan di bagian freezer. Sebab, peletakan daging di freezer memicu rusaknya tekstur. Sehingga, saat akan dimasak lagi dapat mempengaruhi cita rasa. 

  1. Usai Dikeluarkan dari Kulkas, Langsung Olah

Kemudian, untuk mengeluarkannya dari kulkas sangat dianjurkan ketika hanya akan memasak. Sebaiknya, jangan meletakkan daging pada suhu ruangan terlalu lama sebelum dimasak guna meminimalisir kontaminasi bakteri. Setelah keluar dari kulkas, Anda bisa segera memasaknya agar daging tetap berkualitas terbaik. 

  1. Masak Daging dengan Tepat Sebelum Menyimpan 

Sebelum menyimpan, pastikan proses perebusan yang dilakukan itu benar. Lebih baik daging dipotong ke dalam beberapa bagian supaya nantinya tidak memakan ruang terlalu banyak ketika disimpan. Perihal ukuran dan bagaimana bentuk pemotongan, dapat disesuaikan dengan hasil olahan apa yang diinginkan. 

Produk Bumbu dan Tepung untuk Olahan Daging Terbaik di PT Markaindo Selaras

Menyimpan daging yang sudah dimasak ke dalam kulkas memang terasa simple. Akan tetapi, apabila tidak dilaksanakan melalui teknik yang tepat, memungkinkan terjadi kerusakan pada daging. Di samping tekstur, juga kualitasnya bisa saja mengalami penurunan saat penyimpanan tidak dilakukan dengan prosedur yang pas. 

Berangkat dari prosedur menyimpan daging di dalam kulkas, Anda juga bisa mendapatkan produk bumbu dan tepung dengan kualitas juara di PT Markaindo Selaras melalui www.markaindo.com. Telah bertahun-tahun menawarkan produk andalan, terkait kualitas tidak perlu lagi diragukan. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan dengan menghubungi marketing@markaindo.co.id