Kegunaan texturized soy protein wajib Anda ketahui, baik untuk sekedar menambah wawasan saja atau di saat Anda membutuhkan bahan pengisi pada produk olahan daging. Textured soy protein atau TSP memang sengaja dicari untuk digunakan sebagai bahan pengisi olahan daging, yang mana artinya bisa memotong pengeluaran usaha tanpa perlu menurunkan standar.

Mengenal lebih jauh tentang TSP dan tahu kegunaan texturized soy protein akan menyenangkan. Mungkin saja apa yang bisa diberikan bahan ini adalah yang Anda cari selama ini. Berikut adalah beberapa hal tentang TSP.

  1. Definisi

Definisinya merupakan tepung kedelai yang telah dihilangkan zat lemaknya. Sederhananya memang itu dan memiliki sebutan dalam bahasa Indonesia berupa protein nabati bertekstur. Juga bisa diartikan sebagai bahan masak yang menjadi hasil sampingan dari pembuatan minyak kedelai.

Nantinya akan dibahas bagaimana proses pembuatannya mengapa bisa sesuai dengan definisinya. Dengan proses pembuatannya pula, bahan makanan ini juga bisa memberikan banyak kegunaan.

  1. Kegunaan Utama

Akan diawali dengan kegunaan texturized soy protein yang utama. Kegunaan utamanya digunakan sebagai pengisi atau filler supaya biaya produksi bisa ditekan. Ukuran produk olahan daging menjadi lebih besar sehingga lebih menarik tanpa harus dikurangi standarnya.

Sebenarnya bisa digunakan untuk pengisi makanan atau olahan apa saja, namun yang paling sering digunakan untuk pengisi makanan olahan daging. Beberapa makanan yang membutuhkan antara lain meatball, nugget ayam, corned beef, burger, dan sosis.

TTP ini bisa digunakan untuk berbagai produk bahan daging karena tidak akan memberikan rasa tambahan, sehingga tidak akan mengganggu cita rasa produk. Ditambahkan dengan kadar sekian persen supaya bisa berikan fungsinya, maksimal sebesar 5% saja atau sampai bau kedelai tercium. Jika sudah tercium, itu artinya kadarnya sudah berlebihan.

  1. Kegunaan Lainnya

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang bisa berikan semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Benar-benar semuanya, dan hanya kedelai saja dari jenis kacang-kacangan yang bersifat demikian.

Ada asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh namun tak bisa diproduksi tubuh. Harus dengan konsumsi dari luar baru bisa terpenuhi. Itulah mengapa nantinya protein dalam TSP akan dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Proses Pembuatan

Bahan utama untuk membuat textured soy protein adalah konsentrat kedelai atau tepung kedelai. Namun, belakangan ini dijumpai pembuatan nya menggunakan bahan dari oat, gandum, dan biji kapas. Hasil akhirnya sama saja sebab textured soy protein atau TSP adalah istilah untuk bahan makan yang bermanfaat sebagai filler, mengandung protein nabati, dan memiliki tekstur seperti daging.

Diawali dengan cara mengekstraksi, kemudian dipanaskan hingga temperatur 150 sampai 200 derajat celcius, dan dilakukan penurunan tekanan.

Dengan prosedur ini, tepung kedelai atau bahan pokok apa saja yang digunakan untuk membuat akan terdenaturasi sehingga memiliki serat. Selain menjadi zat yang berserat, sifatnya juga tak mudah terlarut dan berpori sehingga bisa digunakan sebagai filler, telah dijelaskan di poin sebelumnya.

Jangan hanya tertarik pada kegunaan texturized soy protein saja tanpa tahu siapa yang bisa menyediakannya. Untuk Anda yang ingin mencoba bahan masak ini, PT. Markaindo Selaras telah menyiapkannya untuk Anda.

Ada banyak produk bumbu dan bahan masak yang telah ditawarkan oleh Markaindo dan bisa diketahui melalui website resminya di www.markaindo.com. Juga bisa langsung pesan jika Anda tidak mau menunggu lagi, yaitu dengan hubungi email marketing@markaindo.co.id.

Beli texturized soy protein berkualitas disini