Demam Korea menyebabkan banyak makanan ala Asia Timur jadi favorit, termasuk sosis kentang. Seringkali disebut sebagai hotdog kentang atau hotang, makanan ini memang menjadi ciri khas drama Korea serta sering muncul di reality show. Tidak heran, kini sudah banyak penjual hotang mulai dari yang skalanya kecil hingga besar di restoran Korea menjual makanan tersebut. Tapi, siapa sangka bahwa jajanan ini sangat mungkin dibuat dengan alat sederhana di rumah. 

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sosis Kentang

Sosis kentang bisa dibuat dari bahan-bahan yang sangat simple. Sesuai dengan namanya, Anda bisa membeli sosis dan kentang jenis french fries untuk menunjang rasa yang dihasilkan. Jumlah perbandingannya yaitu untuk 6 buah sosis, dibutuhkan 500 gram french fries. Kemudian, Anda juga memerlukan minyak goreng untuk sistem deep frying dan juga tusukan sate. Ya, karena hotang adalah makanan yang dimakan dengan tusukan sate, maka Anda bisa menyediakan yang berbahan bambu atau stainless steel

Bahan Pencelup dan Pelengkap yang Dibutuhkan

Untuk pencelupnya, Anda membutuhkan tepung bumbu serbaguna sebanyak 3 sendok makan. Lalu, bahan selanjutnya antara lain 2 sendok makan tepung terigu, 1 sendok makan tepung maizena, dan juga air matang sebanyak 60 ml. Kemudian, bahan pelengkapnya antara lain saus tomat, saus sambal dan juga mayonaise. Tidak perlu bingung dengan takarannya, karena sebagai pelengkap, topping ini bisa diberikan sesuai selera. 

Step by Step Membuat Hotdog Kentang yang Enak

Setelah mengetahui bahan-bahannya, kini Anda bisa langsung mengeksekusi resep yang mudah dibuat ini. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu rebus sosis dan keringkan sampai benar-benar bebas dari uap. Lalu, sisihkan sambil memotong kentang hingga berukuran 1×1 centimeter. Setelah itu, campurkan tepung bumbu serbaguna, tepung terigu, tepung maizena dan air matang dan aduk sampai lengket.  

Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng dengan api sedang. Kemudian, mulailah buat satu tusukan sosis yang dicelup ke adonan sampai rata. Lalu, gulingkan sosis yang telah diberi pencelup tersebut ke dalam potongan kentang sambil ditekan-tekan. Agar tertutup seluruh bagiannya, pastikan kentang bisa menempel dengan erat. Jika perlu, ulangi step tersebut sampai bentuk dan teksturnya sempurna. 

Step berikutnya adalah menggoreng sosis. Goreng dengan sistem deep fry karena hotang tersebut harus matang. Jika ingin lebih kering, gunakan api kecil. Setelah warnanya berubah kecoklatan, lalu tiriskan dan cocol atau oles dengan topping yang sudah disediakan.

Sebagai tips tambahan, jangan lupa untuk memakai sarung tangan plastik ketika menggulingkan sosis celup ke dalam kentang potong. Fungsinya supaya french fries tidak lepas dan tetap lengket. Kemudian, jika kentang potong terlepas, maka celupkan dulu ke dalam adonan pencelup agar bisa lebih lengket, baru digulingkan kembali, untuk tepung kentang terbaik bisa dibeli di markaindo

Sosis Kentang Makin Enak Dengan Tepung Dari  PT. Markaindo Selaras

Kini, Anda tidak perlu repot lagi mencari tempat jual aneka tepung untuk membuat sosis kentang. Faktanya, sekarang ada PT. Markaindo Selaras yang menawarkan aneka produk bahan makanan berkualitas. Misalnya saja berbagai tepung bumbu, bumbu dan juga bahan-bahan lainnya. Agar bisa lebih mudah dalam memesan, Anda dapat menghubungi langsung ke contact personnya melalui email marketing@markaindo.co.id.  Jika Anda ingin melihat dulu aneka produk yang ditawarkan sebelum memesan, maka ayo kunjungi website resmi dari PT. Markaindo Selaras di alamat  www.markaindo.com