Bakso, makanan berkuah yang terbuat dari olahan daging ayam atau sapi dengan rasa gurih yang pas disantap terutama saat udara dingin. Namun saking nikmat dan populernya, bakso saat ini dinikmati kapan saja dan dimana saja. Terlepas dari rasanya yang mantap, tetap tidak bisa dipungkiri bahwa membuat pentol bakso sendiri lebih sehat terutama jika kebetulan Anda memiliki buah hati. Selain kebersihannya yang lebih terjaga, Anda juga bisa mengawasi nutrisi dari bahan-bahan yang digunakan sehingga tak perlu khawatir si Kecil akan sakit perut atau mengalami gangguan kesehatan lainnya setelah menyantap pentol bakso. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kreasi resep cara buat pentol bakso yang bisa Anda coba buat di rumah. 

Pentol Bakso Tahu

Biasanya pentol bakso terbuat dari daging sapi atau ayam yang kemudian disajikan dengan tahu kukus sebagai pelengkap. Apa jadinya ya, bila pentol bakso digabungkan sekaligus dengan tahu? Wah, pasti lezat dan makin bergizi. Ini dia bahan-bahan yang diperlukan: 4 potong tahu putih, 100 gram tepung kanji, 100 gram terigu, 3 batang seledri, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan, garam, merica, air untuk merebus. Sedangkan untuk kuahnya sendiri Anda membutuhkan: 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 ruas jahe, merica, garam, gula, penyedap rasa, air secukupnya. 

Cara membuatnya cukup mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan haluskan tahu putih dengan menggunakan garpu atau tangan kemudian campurkan dengan semua adonan pentol bakso yang sudah disiapkan. Didihkan air untuk merebus adonan pentol di panci berukuran besar. Kemudian, bentuk adonan pentol bakso menjadi bulatan-bulatan dengan bantuan 2 sendok dan langsung masukkan ke dalam air yang mendidih tadi. Agar tidak menempel satu sama lain, tambahkan sedikit minyak goreng dalam air rebusan. Setelah adonan pentol mengapung, biarkan sesaat supaya semakin matang, angkat dan tiriskan. Pentol bakso sudah siap. Kini waktunya membuat kuah bakso.

Untuk membuah kuah pentol bakso tahu, haluskan jahe, bawang merah dan bawang putih kemudian masukkan ke dalam air kuah bakso. Tambahkan merica, gula, garam dan penyedap rasa. Cek rasa. Sebagai pelengkap, cincang kasar seledri yang sudah disiapkan dan taburkan di kuah bakso. Pentol bakso beserta kuah siap disantap hangat.

Pentol Bakso Sapi

Bagi Anda yang lebih suka pentol bakso sapi murni tanpa campuran, berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan: 500 gram daging sapi (giling halus), 100 gram es batu serut,  tepung kanji, 1 sdt baking soda, 1 sdt gula, 1 sdt kaldu sapi bubuk, 1 ½ sdt garam, ½ sdt merica, 4 siung bawang putih, 1 sdm bawang merah goreng. 

Cara pembuatannya sangatlah sederhana. Jika daging sapi sudah digiling halus, campurkan gula, kaldu bubuk, garam, merica dan bawang putih yang sudah dihaluskan menjadi satu adonan dalam wadah. Kemudian tambahkan baking soda, tepung dan es batu, sisihkan. Didihkan air dalam panci besar kemudian coba buat satu bola pentol untuk mengecek rasa. Bila rasa sudah pas, lanjutkan membuat bola pentol dari adonan yang sudah disiapkan sampai habis dan rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat pentol bakso, tiriskan dan siram dengan air es supaya lebih kenyal. Pentol bakso siap dinikmati baik dengan kuah atau langsung dimakan dengan cocolan saus botolan.

Mengingat kedua jenis pentol bakso di atas menggunakan beberapa jenis tepung, pastikan untuk menggunakan tepung dan bumbu bubuk yang dibutuhkan dari Markaindo yang terjamin mutu dan kebersihannya. Dengan menggunakan bahan berkualitas, rasa pentol bakso yang Anda buat semakin mantap dan nutrisinya pun terjaga. Kunjungi www.markaindo.com atau marketing@markaindo.com untuk info produk dan pemesanan.