Baik untuk seseorang yang sudah mahir memasak maupun pemula, tips memasak gurita adalah informasi penting yang sebaiknya diketahui. Mengapa demikian? Karena setiap bahan makanan yang berasal dari laut memiliki cara yang berbeda saat proses pemasakan agar rasanya enak dan aroma amis bisa hilang. Salah satu seafood yang banyak disukai adalah gurita. Hewan berkaki delapan ini ternyata harus diolah dengan khusus agar bisa menghasilkan masakan yang paripurna. Yuk ikuti beberapa tips memasak gurita berikut. 

  1. Sebelum Memasak, Pilih Gurita Segar Dengan Berat Lebih

Berat dari gurita dan hewan laut lainnya biasa mengempis saat dimasak. Hal ini disebabkan oleh kandungan air dari hewan-hewan tersebut yang tinggi sehingga ketika digoreng, ditumis atau diolah dengan cara lain maka bisa menjadi lebih kecil. Karena itu, lebihkan beratnya dibanding yang Anda perlukan agar tidak menyebabkan hasil masakan terlalu sedikit. 

Meskipun seafood biasanya juga didistribusikan hingga jauh sehingga dibekukan, tetapi sangat dianjurkan untuk memilih yang segar. Jadi, Anda akan terbebas dari bau kurang sedap dan rasa dagingnya pun lebih enak. 

  1. Cuci Dengan Air Dingin dan Hilangkan Tinta

Salah satu langkah memasak yang penting adalah mencuci. Apalagi, untuk hewan bertinta seperti gurita, prosedur ini sangatlah penting. Jangan lupa menghilangkan paruh serta tinta pada setiap tentakelnya. Kemudian, buang kulit gurita jika sudah tidak digunakan lagi. 

  1. Lelehkan Gurita Frozen Sebelum Dimasak

Meskipun gurita segar lebih direkomendasikan, tetapi tidak ada salahnya membuat masakan dari bahan gurita frozen. Cara membuatnya adalah dengan melelehkannya di kulkas non freezer kurang lebih sehari semalam. Bisa juga Anda menggunakan cara kedua yaitu melelehkan dalam air dingin kurang lebih selama 3 jam saja. 

  1. Sesuaikan Potongan Dengan Menu yang Akan Dibuat

Gurita bisa dipotong berbagai ukuran. Namun, agar kelezatan dagingnya tetap terjaga dan empuk, jangan terlalu besar dan kecil saat memotong. Lalu, pertimbangkan juga ukuran setelah matang, karena gurita akan mengempis setelah melalui proses pemasakan. Apabila diperlukan, Anda dapat memasak dengan metode precook, dimana terjadi proses perebusan gurita menggunakan air dan garam dalam waktu satu jam. 

  1. Memasak Gurita Panggang dan Goreng Tepung

Berikutnya yaitu tips pada proses inti pemasakan. Anda harus bisa memanggang gurita dengan baik agar tidak gosong dan berbau tajam . Gunakan minyak dan kecap sebagai pemoles untuk panggangan. Apabila membuat gurita goreng tepung, maka pastikan menggunakan bahan yang berkualitas. Misalnya tepung bumbu dan jenis tepung lainnya dari PT. Markaindo Selaras. 

  1. Gunakan Fosfat Seafood Sebagai Pelengkap Gurita Goreng Kriuk Lembut

PT. Markaindo Selaras adalah penyedia aneka produk tepung dan bahan-bahan olahan lainnya seperti bakso. Anda sangat bisa menggunakan tepung berkualitas dari PT. Markaindo Selaras sebagai bahan yang bisa membantu olahan gurita semakin crispy. Memilih tepung yang yang berkualitas tentu akan bisa menjadi bagian penting dalam menentukan apakah masakan enak atau tidak. Jadi, bisa dikatakan tips memasak gurita soal menentukan tepung sebaiknya tidak diabaikan, agar gurita lebih kenyal dan enak gunakan fosfat seafood

Karenanya, tunggu apa lagi? Segera hubungi email marketing dari PT. Markaindo Selaras di alamat surel marketing@markaindo.co.id. Selain itu, Anda juga bisa melihat dulu apa saja produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini langsung di website resminya, www.markaindo.com. Dijamin, tepung bumbu dan berbagai bahan masakan lainnya pasti berkualitas dan sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehat keluarga.