Kroket yang terbuat dari tepung kentang memang merupakan kroket yang sangat lezat dan pas untuk disantap sendiri di waktu luang. Jarang ada toko roti atau toko makanan yang menjual makanan ini, meskipun sebenarnya kroket adalah makanan umum. Walaupun Anda menemukan toko makanan yang menjual kroket tepung kentang, mungkin lah tidak cukup membuat Anda percaya apakah cita rasanya benar-benar lezat atau tidak. 

 Lantas apa yang harus dilakukan jika keadaannya demikian? Tentu saja kroket ini bisa dibuat sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri Anda bisa mengontrol kelezatannya, bahan yang digunakan, dan proses pembuatan yang benar-benar higienis. Anda sendirilah yang akan menentukan komposisi tepung untuk kroket ini. Berikut ini resep untuk membuat kroket tepung kentang yang lezat dan mudah untuk dibuat. 

Alat dan Bahan Membuat Kroket

Bahan untuk membuat kroket kali ini akan dibagi menjadi dua yaitu untuk membuat kulit dan untuk membuat ragout. Untuk membuat kulitnya bahan yang anda butuhkan antara lain kaldu ayam, dua telur ayam kampung, lada, 300 ml air panas, dan 150 gram tepung kentang

Sedangkan untuk membuat ragout ayam, berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan. Pertama yaitu kaldu ayam, lada secukupnya, mentega (1 sdm), tepung terigu (1 sdm), gula pasir (1 sdm), keju diparut (5 sdm), fiber cream (1 sdm), susu cair putih (150 ml) dan daging dada ayam (1, sudah direbus). Tambahkan pula daun bawang (1 batang), buncis (5 batang), wortel (1), bawang bombay (1/2 buah) dan bawang putih (2 siung). Terdapat pula bahan tambahan yang berfungsi sebagai pelengkap diantaranya adalah panir tepung terigu, telur ayam yang sudah dikocok, dan minyak goreng.

Cara Membuat Kroket

Setelah menyiapkan semua bahannya, baik untuk kulit maupun ragout, maka langsung saja informasi bagaimana cara membuatnya. Pertama-tama Anda akan membuat ragout atau isian terlebih dahulu. Semua bahan untuk ragout nantinya akan digoreng bersama-sama, namun sebelumnya ada bahan yang harus diolah terlebih dahulu. Bahan seperti ayam, bawang bombay, buncis, dan wortel dipotong menjadi dadu kecil. Sedangkan daun bawang dan bawang putih dicacah sampai halus. Taruh penggorengan di atas kompor, nyalakan api, serta masukkan mentega ke dalamnya. Kemudian masukkan seluruh bahan ragout ke dalamnya sampai masak. Akan ada aroma yang khas ketika semua bahan tersebut sudah masak jika aroma tersebut sudah muncul, maka masukkan tepung kentang ke dalamnya. Setelah beberapa menit kemudian api dimatikan dan biarkan dingin. 

Saatnya untuk membuat kulit kroket. Campur tepung terigu, air panas, kaldu ayam dan telur yang telah dikocok menjadi satu. Setelah semua bahan ini menyatu, buatlah berbentuk bola dan isi ke dalamnya ragout yang telah dibuat. Kroket sudah berbentuk, sebelum menggorengnya masukkan ke freezer terlebih dahulu selama 1 jam. Setelah 1 jam jam kroket tersebut dilumuri telur dan diberi tepung panir, kemudian baru bisa digoreng. Goreng kroket sampai warnanya keemasan. 

Cara Mendapatkan Bahan Berkualitas

Untuk membuat kroket dibutuhkan tepung kentang yang memiliki kualitas bagus. Sebab jika tidak kroket yang yang telah anda buat bisa saja gagal. Bisa itu karena bentuknya yang tidak bisa bertahan atau hancur ketika digoreng. Untuk kebutuhan tepung ini bisa anda dapatkan melalui www.markaindo.com. Bisa juga dihubungi tim marketing marketing@markaindo.co.id untuk langsung memesan.