Kedelai sering disebut-sebut sebagai pengganti daging yang bagus dikonsumsi oleh mereka yang merupakan kaum vegetarian. Dengan segudang nutrisi yang dimilikinya, kita bisa mendapatkan beragam manfaat kesehatan dengan mengonsumsi produk-produk yang terbuat dari kacang kedelai. Mulai dari susu kedelai, tempe, tahu, tauge, kacang, saus, termasuk juga tepung kedelai.

Merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak ditemui tumbuh di kawasan Asia Timur, kedelai yang diklasifikasikan sebagai biji minyak ini dianggap sebagai protein lengkap, berkat kandungan tinggi asam amino esensial di dalamnya.

Jika selama ini di mana-mana kita temukan produk olahan frozen food hingga makanan rumahan dibuat dengan menggunakan bahan baku berupa daging sapi, mulai dari sosis, nugget, hingga bakso. Memang bahan baku yang satu ini kaya akan nutrisi dan gizi yang penting bagi pertumbuhan dan kesehatan. Akan tetapi karena harganya yang semakin tinggi membuat tak semua orang bisa mengonsumsi daging merah setiap hari. Belum lagi para vegetarian yang tak dapat mengonsumsi daging atau pun produk olahannya.

Nah, karena itulah mengapa sekarang ini tepung kedelai menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain bisa digunakan sebagai pengganti daging yang harganya jauh lebih ekonomis, ada banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita di dalam bahan satu ini.

Kandungan Penting yang Terdapat pada Kacang Kedelai dan Produk Olahannya

Tepung kedelai dan berbagai produk olahannya diperkaya dengan kandungan protein nabati yang sangat tinggi. Kandungan ini bahkan disebutkan dapat menggantikan protein yang terdapat pada daging merah.

Apabila dalam sehari kita mengonsumsi sebanyak 50 gram protein kedelai, maka jumlah tersebut sudah bisa menggantikan protein hewani yang terkandung pada daging merah. Selain itu, menurut penelitian, kacang kedelai juga kaya akan kandungan isoflavon, fitoestrogen, serat dan senyawa probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Penting Kedelai sebagai Bahan Makanan Sehari-Hari:

Berkat lengkapnya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, tak perlu diragukan lagi manfaat dari tepung kedelai bagi tubuh kita.

Meningkatkan Kesehatan dan Mencegah Kerusakan Sel

Mengandung senyawa yang disebut isoflavon, kacang kedelai dapat membantu meningkatkan kesehatan. Isovlafon sendiri memiliki peran penting untuk memperbaiki sel dan mengurangi risiko kerusakan pada sel yang diakibatkan oleh polusi maupun paparan sinar matahari.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Protein dan kandungan isoflavon di dalam olahan kacang kedelai dapat membantu mengurangi kandungan kolesterol jahat atau kolesterol LDL dan mengurangi risiko pembekuan darah yang menjadi penyebab utama penyakit kardiovaskular serta stroke.

Melindungi Tubuh dari Pertumbuhan Sel Kanker

Senyawa isoflavon juga bertindak sebagai agen antikanker yang bertugas untuk melawan pertumbuhan sel-sel kanker. Berkat kandungan isoflavon, tepung kedelai dapat membantu melindungi tubuh dari kanker hormon, seperti yang berasal dari rahim, payudara, maupun prostat.

Membalikkan Efek Endrometriosis pada Wanita

Tepung dan olahan kacang kedelai juga dapat membantu untuk menunda aksi estrogen alami tubuh kita, terutama pada wanita. Manfaat ini berguna untuk mengurangi serta mencegah rasa sakit saat periode menstruasi atau pendarahan hebat, maupun gejala-gejala lain.

Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Tak hanya mengandung protein nabati, kedelai juga kaya akan kandungan kalsium, di mana terdapat sebanyak 102 mg di setiap 100 gram kedelai. Kandungan ini bertugas sebagai pengatur kontraksi dan relaksasi pada otot, dan juga mengirimkan pesan yang sedang terjadi di sistem saraf tubuh.

Selain manfaat-manfaat di atas, masih banyak lagi kebaikan kedelai dan olahan tepung kedelai bagi tubuh. Seperti melancarkan saluran pencernaan, mengurangi risiko osteoporosis, menjaga berat badan normal, menjaga keseimbangan kadar glukosa dalam darah, hingga mengatasi gejala menopause.

Tak perlu bingung mendapatkan tepung kedelai yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti daging ini. PT Markaindo Selaras sebagai pemasok bahan baku berkualitas untuk industri pangan, menyediakan tepung kedelai TSP (Textured Soy Protein) dan ISP (Isolated Soy Protein) yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan ternama, seperti Bremil dan Marksoy.

Hubungi PT Markaindo Selaras melalui e-mail marketing@markaindo.co.id atau alamat website resmi www.markaindo.com untuk mendapatkan produk tepung kedelai halal berkualitas premium.