Kue bolu adalah salah satu jenis sajian makanan manis yang banyak disukai oleh semua orang, baik yang berusia lanjut maupun anak-anak muda. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena rasa dan tekstur. Ya, kue yang satu ini memang sangat enak dan manisnya tidak terlalu pekat. Ditambah lagi, karena diolah melalui proses pengukusan maka teksturnya pun lembut, tidak kering dan empuk. Dengan demikian, wajar saja bila dari anak-anak sampai orang tua akan suka dengan makanan tersebut. Yang paling menyenangkan dari kue ini adalah mudah dimasak dan sekali dibuat, maka bisa dipotong-potong untuk dinikmati orang banyak sekaligus. 

Ketahui Bahan dan Manfaat Kue Bolu Tepung Jagung 

Jika bosan membuat olahan resep kue bolu dari bahan tepung terigu, maka Anda bisa menggunakan tepung jagung. Apakah perbedaan dari kedua jenis kue tersebut? Selain tekstur, kandungan gizi yang menyertai juga cukup berbeda. Dalam 100 gram tepung jagung sendiri, kandungan gizinya adalah sebagai berikut: energi 1594 kj atau 381 kkal,  lemak 0,05 gram, lemak Jenuh 0,009 gram, lemak tak jenuh ganda 0,025 gram, lemak tak Jenuh tunggal 0,016 gram, protein 0,26 gram, karbohidrat 91,27 gram, serat 0,9 gram, sodium 9 miligram, dan kalium 3 miligram. Keunggulan dari tepung jagung adalah tidak mengandung kolesterol dan juga gula. Jadi, tentu lebih sehat terutama bagi keluarga yang ada riwayat penyakit diabetes. Dengan demikian, jika Anda membuat kue dari bahan tepung jagung maka lebih friendly untuk semua usia, dan pastinya mengandung kadar nutrisi tinggi bukan? Apalagi, kalau jenisnya adalah bolu, di mana rasanya enak dan teksturnya pun empuk. 

Inilah Bahan Kue Bolu dari Tepung Jagung

Jika Anda ingin tahu resep kue bolu tepung jagung, berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan. Pertama, Anda harus menyiapkan secangkir butter yang dilelehkan. Lalu, bahan-bahan lain yang diperlukan antara lain 1 1/3 cangkir gula pasir, 4 butir telur, 2 gelas susu murni, 2 sendok makan cuka, 2 cangkir tepung maizena, 2 cangkir tepung terigu, 1 sendok teh baking soda dan 1 sendok teh garam. 

Cara Membuat Resep Kue Bolu Tepung Jagung

Setelah mengetahui tentang bahannya, Anda bisa langsung menjalankan prosedur pembuatannya. Pertama-tama, panaskan oven, dan jika Anda memakai yang digital maka atur dengan suhu 375 derajat Celcius. Kemudian, olesi loyang yang ukurannya kurang lebih 8 x 13 inci jika bentuknya persegi panjang. Namun, jika loyangnya berbentuk lingkaran, maka loyang diameter 20 cm sudah cukup mengakomodasi bolu tersebut. Sebaiknya, pilih loyang yang bagian tengahnya berlubang agar lebih bisa meratakan kematangan. Selanjutnya, tuangkan cuka serta susu ke dalam sebuah mangkuk. Di sisi lain, tuang lelehan butter dan perlahan masukkan gula pada mangkuk yang lain, sisihkan. Kocok telur, lalu masukkan baking soda di mangkuk yang berisi susu dan cuka. Barulah setelah tercampur rata, tuang ke dalam mangkuk berisi adonan butter. Step berikutnya adalah menambahkan  tepung jagung, tepung terigu, dan garam secukupnya. Kocok sampai merata dengan kecepatan sedang serta tinggi perlahan-lahan, dan kemudian oven sampai matang. 

Dengan Beli di Tempat Ini, Anda Akan Dapat Tepung Jagung Berkualitas

Apabila Anda ingin membuat kue bolu yang berkualitas dari bahan tepung jagung, maka belilah bahan di tempat yang terpercaya. Markaindo adalah tempat yang menjual produk-produk olahan teknologi atau pangan. Misalnya seperti tepung jagung. Ayo kunjungi websitenya langsung di www.markaindo.com atau langsung hubungi emailnya di marketing@markaindo.co.id untuk dapat tepung jagung terbaik.