Pernahkah Anda mendengar istilah texturized soy protein? Apabila Anda belum pernah mendengarnya, maka informasi penting ini perlu untuk diketahui. Bagi para vegan atau vegetarian, memakan makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging adalah hal yang mustahil dilakukan. Karenanya, harus ada protein pengganti yang diformulasikan dalam bentuk makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara menyeluruh. Bahkan, produk daging tiruan ini mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan daging asli dari hewan. Itulah definisi dari texturized soy protein atau TSP. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa TSP adalah produk yang sangat bermanfaat terutama bagi para vegan. Meskipun produk daging analog ini tidak hanya untuk para vegan, tetapi dengan mengkonsumsinya orang-orang yang sudah lama atau sejak lahir tidak memakan daging hewan asli  akan kembali bisa merasakan lezatnya olahan kaya nutrisi terutama protein tersebut. Setelah mengetahui pengertiannya, lalu bagaimana cara mengolah  texturized soy protein menjadi sajian lezat? 

Step 1: Lakukan Perendaman Secara Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengolah bahan makanan ini adalah merendamnya dalam perbandingan air panas yang tepat. Anda harus menghitung 1:1 untuk TSP dibanding air panas. Jangan lupa, durasi perendaman pun harus optimal, yaitu kurang lebih sekitar 20 menit. Pastikan Anda melihat produk daging olahan ini mengembang terlebih dahulu. Dari sisi teksturnya, jika sudah kenyal menyerupai daging hewan ternak pada umumnya, maka TSP siap untuk melalui prosedur yang selanjutnya. Soal tekstur, Anda akan sulit mengenali bahwa TSP adalah produk daging tiruan. Pasalnya, karena mengandung 5% – 7 % air, maka proses perendaman akan membuatnya ter-rehidrasi sehingga pasti mengembang dengan sempurna. 

Step 2: Bilas Sambil Diremas Hingga Aroma Kedelai Hilang

Karena sumber protein yang diformulasikan khusus hingga menyerupai daging ini terbuat dari kedelai, maka setelah merendam dan mengembang, remas bahan ini sampai aromanya hilang. Jadi, ketika nanti memprosesnya untuk menjadi masakan khas daging hewan, bau kedelai tidak akan mengurangi appetite Anda. 

Step 3: Potong TSP dan Campurkan dengan Bumbu

Jika aroma kedelai sudah hilang, maka step selanjutnya adalah memotong TSP sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan. Misalnya untuk topping bakmi, isian bakpao, atau spaghetti, maka cincang halus produk daging buatan tersebut. Lain lagi jika masakan yang ingin dibuat adalah burger atau taco, maka potonglah dengan ukuran lebih besar.  Setelah mencincang, maka selanjutnya Anda bisa mencampurkan dengan bumbu-bumbu, rempah dan sayur, sesuai dengan menu yang direncanakan. 

Apabila Anda sudah mengetahui step by step mengolah TSP menjadi aneka makanan lezat, maka tentu akan muncul pertanyaan. Di mana sebaiknya bisa membeli produk kaya manfaat yang juga sehat dan bernutrisi ini? Jawabannya adalah di Markaindo. Markaindo merupakan tempat yang tepat untuk membeli aneka bahan makanan dengan kualitas tinggi. Tentunya, untuk masakan keluarga Anda ingin memberikan yang terbaik bukan? 

Ya, karena itulah, cek katalog online website Markaindo untuk melihat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari produk-produk bahan makanan terbaik seperti texturized soy protein atau TSP. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515 atau email ke marketing@markaindo.co.id.

Selain harganya yang terjangkau, TSP dari Markaindo juga lebih mudah disimpan dan diolah menjadi aneka menu yang bebas bau khas hewan dibandingkan dengan daging asli dari peternakan. Cobalah untuk melihat langsung dan rasakan menu andalan dari kombinasi produk daging olahan tersebut.