Salah satu tanaman yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia adalah kedelai. Tamanan dari jenis polong-polongan ini banyak dimanfaatkan dalam beragam produk olahan makanan seperti tahu dan tempe. Olahan kedelai tentu tidak berhenti dari situ saja, salah satu olahan yang cukup populer dan banyak difungsikan yaitu olahan tepung kedelai. Tepung kedelai bisa menggantikan bahan baku tepung terigu dalam pembuatan kue. Rasa yang ditawarkan oleh tepung kedelai memang tidak tawar seperti tepung terigu. Akan tetapi, cita rasa kedelai pada tepung kedelai justru menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga tidak perlu terlalu banyak menambahkan aroma rasa yang lain dalam pengolahannya.

Dalam praktiknya, tepung kedelai sering digunakan untuk membuat kue, baik kue kering maupun roti. Untuk jenis roti-rotian, tepung kedelai bisa dibuat untuk chiffon cake, bolu kukus, dan brownies. Untuk membuat cake kedelai, bahan-bahan yang disiapkan tidak terlalu banyak jenisnya. Anda cukup menyiapkan bahan utama berupa 200 gram tepung kedelai, 6 butir telur ayam, 100 gram margarin leleh, 100 gram mentega leleh, 200 gram gula halus, dan 1 sdt vanili. 

Untuk langkah pembuatannya pertama yaitu buat adonan dengan mengocok telur ayam dan gula halus hingga mengembang dan kaku. Kemudian masukkan margarin dan mentega secara perlahan sembari adonan diaduk rata. Lalu tuangkan tepung kedelai dan aduk kembali. Kemudian siapkan loyang yang telah diolesi margarin di bagian dalamnya. Tuangkan seluruh adonan ke dalam loyang dan panggang pada suhu 180 derajat Celcius. 

Tunggu hingga cake matang dan cake tepung kedelai siap dihias dan disajikan. Sementara jika Anda ingin membuat olahan tepung kedelai lain seperti cookies tepung kedelai, bahan utama yang dibutuhkan tidak lain adalah 3 sdm tepung kedelai dan 5 sdm tepung terigu. Bahan-bahan lain yang perlu Anda siapkan yaitu 1 sdm tepung maizena, ½ sdt baking powder, 1 butir telur, 2 sdm margarin, dan 2 sdm gula halus. 

Langkah pembuatan kue kering dari kedelai ini dimulai dari mencampur rata telur, gula halus, dan margarin. Kemudian masukkan tepung kedelai, tepung terigu, dan tepung maizena secara perlahan sambil adonan terus diaduk rata hingga kalis. Selanjutnya letakkan adonan di atas papan yang telah ditaburi tepung agar adonan tidak lengket. Pipihkan adonan menggunakan botol bekas dengan dinding botol rata atau rolling pin hingga memiliki ketebalan sekitar 0,5 cm. Berikutnya cetak adonan sesuai keinginan. 

Anda bisa memotongnya dengan ukuran kotak atau bentuk lain sesuai selera. Jika semua adonan sudah tercetak habis, letakkan adonan dalam loyang yang sudah dioles margarin di permukaannya. Panggang adonan di dalam oven dengan api sedang selama sekitar 20 menit. Cookies tepung kedelai pun siap disajikan. Agar tampilan lebih cantik, Anda bisa membuat hiasan tambahan seperti menggunakan icing.

Bagi Anda yang membutuhkan tepung kedelai, saat ini sudah ada tepung kedelai ConMark 70 Soy Protein Concentrate (20 kg) dan MarkSoy Isolated Soy Protein (20kg) yang memiliki kadar pengikat air dan lemak mencapai 90 persen. Tepung kedelai ini efektif untuk memaksimalkan kualitas produksi produk olahan makanan Anda. Anda bisa mendapatkan dua macam tepung kedelai ini di website Markaindo atau menghubungi pihak marketing ditelepon ke +62 – 2187920515.