Satu cerita yang fenomenal dari kue brownies tidak lain terkait dengan asal mulanya. Banyak orang yang mengatakan dan mempercayai bahwa brownies tercipta dari kue yang gagal. Dalam ceritanya, ada satu koki yang ingin membuat bolu tapi lupa tidak memasukkan pengembang. Akhirnya, kue tersebut tidak menjadi bolu yang lembut dan berpori. Kue tersebut justru memiliki penampilan yang sebaliknya yaitu padat, sedikit basah, dan nampak bantat. Di balik cerita fenomenalnya ini, siapa sangka brownies justru banyak diminati oleh masyarakat.

Brownies yang identik dengan coklat ini begitu diminati oleh masyarakat sebagai suguhan tamu atau camilan saat santai bersama keluarga di rumah. Brownies yang beredar saat ini pun sudah cukup banyak variasinya. Ada variasi bentuk, rasa, topping hingga bahan baku yang membuat brownies menjadi sangat kaya pilihan. Salah satu variasi yang bisa Anda lakukan dalam membuat brownies yaitu mengganti tepung terigu menjadi tepung kentang.

Sesuai namanya, tepung kentang merupakan tepung berbahan dasar sari pati kentang. Tepung kentang biasa digunakan sebagai pengental maupun bahan makanan kue termasuk brownies. Anda bisa membuat brownies tepung kentang sebagai variasi dalam membuat brownies. Penggunaan tepung kentang tidak akan mengurangi kelezatan brownies yang Anda buat.

Resep brownies tepung kentang berikut ini sangat mudah untuk Anda duplikasi. Anda bisa membuat brownies dengan variasi baru yaitu tepung kentang. Cara membuatnya pun tidak terlalu jauh berbeda. Pertama siapkan bahan-bahan untuk membuat brownies. Untuk brownies skala kecil, takaran 100 gram tepung kentang sudah cukup untuk Anda pakai. Kemudian siapkan 100 gram gula, 100 gram white cooking chocolate (wcc) alias coklat putih, dan 85 gram margarin.

Supaya brownies jadi lebih cantik, siapkan toping meises warna-warni dan keping oreo. Anda bisa mengganti toping ini sesuai selera. Jika bahan-bahan sudah siap, proses membuat adonan bisa dimulai. Pertama, lelehkan coklat putih dengan margarin. Aduk hingga leleh dan sisihkan. Kemudian tuang gula dan telur pada wadah. Kocok gula dan telur hingga mengembang. Anda bisa menggunakan mikser kecepatan rendah atau alat pengocok manual. Jika sudah tercampur dan mengembang, masukkan tepung kentang.

Berikutnya kocok dengan mikser hingga adonan rata. Setelah itu, tambahkan lelehan coklat putih dan margarin. Kocok kembali adonan hingga tercampur rata. Setelah itu, siapkan loyang sebagai wadah roti untuk dimasukkan oven. Lapisi loyang dengan kertas roti atau dioles margarin. Kemudian tuang seluruh adonan ke dalam loyang. Ratakan permukaan adonan dan beri toping di atasnya. Setelah itu, masukkan loyang ke dalam oven dan panggang dengan suhu sekitar 170 derajat Celsius selama 30 menit. Jika adonan sudah matang, keluarkan loyang dari oven dan brownies siap dipindah ke piring saji.

Penggunaan tepung kentang bisa jadi alternatif Anda dalam membuat brownies. Brownies dari tepung kentang ini tidak kalah lezat dengan brownies pada umumnya. Anda bisa mencobanya dengan menyiapkan tepung kentang sebagai bahan produksi. Tepung kentang sudah banyak digunakan sebagai bahan makanan. Tepung kentang juga bisa menjadi pengganti tepung-tepung lain yang memiliki fungsi sama. Selain bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam pembuatan brownies, tepung kentang juga bisa digunakan untuk adonan lain. Anda bisa memanfaatkan tepung kentang sebagai bahan donat kentang, potato wedges, dan lainnya. Bagi Anda yang membutuhkan tepung kentang, Anda bisa beli tepung kentang di website Markaindo.