Manfaat bawang bombay umumnya sudah diketahui masyarakat, karena memang bumbu dapur ini cukup bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran, apa saja manfaat yang dimiliki oleh bawang Bombay? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bawang Bombay dipercaya dapat menyehatkan sistem pencernaan, karena mengandung serat dan prebiotik yang bisa mengoptimalkan kesehatan usus. Selain itu, manfaat bawang bombay lainnya adalah mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi bawang Bombay, berbagai masalah pencernaan yang Anda alami, seperti diare dan sembelit akan mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan, kandungan serat yang ada membuat kelancaran buang air besar lebih terjaga.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain menyehatkan sistem pencernaan, bawang Bombay juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, karena mengandung antioksidan dan Vitamin C. kedua kandungan nutrisi ini bisa memperkuat sel darah putih yang bisa membuat Anda terhindar dari berbagai virus dan bakteri.

Karenanya, di masa pandemic covid-19 seperti saat ini, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan berbahan bawang Bombay. Dengan bawang Bombay, Anda bisa menjaga tubuh untuk tetap sehat sehingga terhindar dari virus, seperti virus corona.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat bawang bombay selanjutnya adalah mampu menangkal radikal bebas, karena kaya akan kandungan antioksidan dan senyawa antiradang. Radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat dalam tubuh bisa dicegah dengan adanya antioksidan dari bawang Bombay.

Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang membuat imunitas tubuh melemah, sehingga bisa lebih sehat. Antioksidan bisa Anda dapatkan di bawang Bombay, tepatnya di bagian lapisan terluarnya.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Risiko penyakit berbahaya seperti kanker juga bisa diminimalisir dengan mengonsumsi bawang Bombay dengan takaran yang pas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, bawang Bombay berkhasiat untuk menekan risiko dari beberapa jenis kanker kronis.

Beberapa jenis kanker yang risikonya bisa diminimalisir adalah kanker lambung, kanker payudara, dan kanker pada usus besar. Anda bisa membuat masakan dengan mencampurkannya dengan bawang Bombay, supaya tubuh tetap sehat.

Akan tetapi, bawang Bombay yang dikonsumsi harus memiliki takaran pas dan tidak berlebihan, supaya manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Selain itu, bawang Bombay juga bisa menjadi sumber nutrisi tubuh, karena kaya akan vitamin, mineral, dan rendah kalori.

  1. Mengontrol Gula Darah

Tidak hanya mengatasi kanker, bawang Bombay bisa sangat bermanfaat bagi Anda, khususnya jika sedang menderita penyakit diabetes. Bagi para penderita diabetes, bawang Bombay bisa dikonsumsi sebanyak 100 gram per hari untuk memperbaiki kadar gula darah.

  1. Menyehatkan Kulit Kepala

Bawang Bombay juga terbukti mampu menyehatkan kulit kepala, karena bersifat antiinflamasi yang bisa menenangkan kepala dari rasa gatal berlebihan. Infeksi pada kulit kepala akibat bakteri dan jamur juga bisa diatasi oleh bawang Bombay, karena juga bersifat antimikroba.

Anda yang sedang memiliki masalah pada kulit kepala, seperti ketombe, alopecia areata, dan kerontokkan rambut direkomendasikan mengonsumsi bawang Bombay.

Rasakan Manfaat bawang bombay dengan Membelinya di PT Markaindo Selaras

Anda ingin membeli bawang Bombay dan bumbu dapur berkualitas? Jangan ragu untuk segera membelinya di PT Markaindo Selaras. Aneka produk bumbu dapur seperti tepung, rempah-rempah dan bumbu instan telah tersedia dan bisa dilihat langsung di www.markaindo.co.id.

Jika tertarik untuk merasakan manfaat bawang bombay dan menggunakan bumbu masak lainnya, Anda bisa langsung melakukan pemesanan. Gunakan bumbu dapur dari PT Markaindo selaras untuk memasak makanan lezat dan sehat dengan memesannya melalui marketing@markaindo.co.id