Untuk mendapatkan potongan daging sapi terbaik yang cocok dengan masakan, panduan membeli daging sapi akan Anda butuhkan. Sebab antara bagian satu dengan lainnya dari tubuh sapi, akan memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda. perbedaan tersebut membuat antara satu resep dengan resep lainnya yang membutuhkan daging sapi akan menggunakan bagian yang berbeda. Berikut adalah nama-nama di bagian daging sapi.

  1. Flank dan Plate

Merupakan sebutan untuk otot perut sapi atau panggul. Beberapa jenis potongannya antara lain short ribs, flank, sayap, dan skirt. Metode memasak yang lambat akan lebih dibutuhkan. Kemudian untuk pengolahan lebih lanjut, harus diolah dengan cara goreng atau panggang.

  1. Rounds

Eye of round, bottom rounds, dan top rounds adalah beberapa jenis bagian. Rounds sendiri adalah sebutan untuk bagian potongan yang bentuknya bulat. Cara memasaknya harus dengan suhu tinggi atau api besar. Hal ini supaya matangnya bisa sempurna dengan teksturnya yang keras.

  1. Brisket

Brisket atau daging punggung adalah bagian yang paling juicy atau berair dibanding bagian-bagian lainnya. Bukannya sembarang dipotong, dua jenis potongan untuk daging brisket adalah brisker flat dan brisket point.

  1. Chuck

Bagian nomor empat ini adalah sebutan untuk paha bagian depan. Kalau bagian ini, Anda harus mengolahnya dengan memegangnya di dalam panci terlebih dahulu. Beberapa nama yang diberikan untuk bagian sapi ini antara lain country-style rins, chuck eye, dan blade.

  1. Ribs

Mengartikan sebutan bagian daging sapi ini tidak akan sulit karena Anda bisa tinggal menjadikannya bahasa Indonesia saja. Untuk diketahui ribs adalah bagian tulang rusuk sapi.  Banyak jenis potongan bisa dibuat dengan bagian ini, diantaranya steak ribeye, cap rib eye, dan fillet ribeye.

Sifat bagian ini adalah berlemak, yang mana cara pengolahannya haruslah lambat. Jika buru-buru, akan kurang maksimal hasilnya, cenderung tidak lezat.

  1. Sirloin

Sirloin mungkin jadi yang paling sering Anda jumpai atau dengar, tentu saja bagian ini juga akan dibahas dalam panduan membeli daging sapi berikut. Daging sirloin adalah daging letaknya berada di bagian belakang sapi, bentuknya cukup ramping.

Adapun beberapa jenis-jenisnya adalah strip steak, tri rip, bavette, dan filet mignon. Tetap bisa digunakan untuk membuat steak biasa, baik yang homemade maupun restoran.

  1. Loin

Dalam poin panduan membeli daging sapi sesuai olahan makanan yang terakhir, Anda akan bertemu dengan istilah loin. Loin dan short loin adalah istilah untuk bagian sapi sebelah pinggang. Sifatnya tidak berlemak, sehingga mendukung untuk pengolahan daging dengan bahan-bahan pendukung yang sudah berlemak.

Dengan begitu, apa yang disajikan tidak akan mengandung banyak lemak. Untuk memasak bagian ini harus digunakan api besar. Beberapa jenis dari loin yang lebih spesifik antara lain tenderloins, porterhouse steak, dan t-bone.

Olahan Daging Sapi Lebih Lezat dengan Bumbu PT. Markaindo Selaras

Apapun bagian sapi yang digunakan nanti, apapun resep yang akan dibuat, sajiannya akan terjamin lezat jika sudah ditambahkan bumbu dari PT. Markaindo Selaras. Bukan hanya bumbu masak saja, beraneka jenis tepung juga telah ditawarkan.

Masakan lebih lezat sekaligus menyehatkan, sebab semua produk dari PT. Markaindo Selaras dibuat dari bahan alami. Di websitenya www.markaindo.com Anda bisa mengetahui apa saja yang ditawarkan. Juga untuk pemesanan, jika Anda sudah tertarik coba bisa pesan langsung lewat marketing@markaindo.co.id.