Anda harus berhati-hati dalam memilih daging sapi untuk menghindari kesalahan membeli daging yang busuk atau sudah tidak segar. Untuk pemula jangan khawatir karena ada beberapa tips memilih daging sapi segar yang bisa digunakan sebagai acuan. Daging yang segar mampu memberikan cita rasa dan aroma lebih nikmat untuk masakannya. 

Tips Memilih Daging Sapi Segar

Layaknya protein lainnya daging sapi juga mudah sekali busuk jika tidak segera laku di pasaran. Untuk menghindari pembelian daging yang kurang segar Anda bisa menggunakan beberapa tips penting di bawah ini:

  1. Ketahui tanggal produksi

Ketika Anda membeli daging di supermarket biasanya setiap daging akan diberikan label produksi. Label produksi ini menandakan tanggal kapan sapi tersebut disembelih dan juga batas baiknya dikonsumsi. Anda bisa melihat label ini untuk acuan yang mudah dalam melihat kesegaran dagingnya. 

  1. Kurangi membeli daging beku

Daging yang dibekukan bukan berarti memiliki kualitas yang buruk hanya saja biasanya sudah tersimpan dalam waktu yang lama. Untuk menghindari daging dengan kualitas kurang bagus jangan membeli daging yang ada bunga esnya. Bunga es adalah bukti daging yang dibekukan sangat lama sehingga kesegarannya diragukan. 

  1. Jangan yang berair

Tips membeli daging berikutnya adalah hindari pemilihan daging yang cenderung banyak airnya. Tentunya Anda banyak menemukan tipe daging yang memiliki cairan merah di sekitar dagingnya atau sering disebut dengan “sari”. Cairan ini murni keluar dari daging akibat tersimpan di suhu ruang yang terlalu lama. 

Selain kemungkinan tersimpan di suhu ruangan yang terlalu lama, banyaknya air yang keluar dari daging juga bisa menjadi akibat sapi gelonggongan. 

  1. Kenali aromanya

Anda juga harus tahu bahwa sapi yang segar cenderung memiliki aroma daging yang khas. Sementara daging yang sudah tidak segar aromanya akan cenderung amis ke busuk dan tidak enak untuk dicium. Hindari membeli daging yang aromanya sudah mencurigakan. 

  1. Kenali teksturnya

Daging yang segar memiliki tekstur yang kenyal dan ketika disentuh kan kembali ke bentuk awalnya. Sementara untuk daging yang sudah busuk atau kurang segar biasanya akan lembek. Ketika disentuh daging ini akan gepeng atau tidak bisa kembali ke bentuk semulanya. 

  1. Ketahui warna daging sapinya

Daging sapi yang segar memiliki warna merah cerah dan segar, sementara untuk daging yang sudah tidak segar warnanya cenderung ke pucat dan tidak menarik. 

Ketahui Cara Menyimpan Daging Sapi Segar yang Baik

Untuk menyimpan daging agar selalu dalam kondisi yang baik memang memerlukan beberapa cara yang tepat. Pertama, bersihkan daging dan cuci kemudian tiriskan sampai sisa airnya surut. Kemudian pindahkan ke wadah yang memiliki penutup rapat. Pastikan wadah dan tutupnya memiliki kerapatan yang cukup baik. Selanjutnya simpan daging ke freezer maksimal penyimpanan 5 harian. 

Anda harus ingat untuk mengambil daging dari freezer sesuai kebutuhannya saja jangan dikeluarkan semuanya. Hal ini sangat mempengaruhi kesegaran dagingnya. 

Daging Segar Lebih Enak Diolah dengan Bahan dari PT Markaindo Selaras

Anda senang mengolah daging sapi segar? Lebih mudah dan pasti enak hanya menggunakan bahan berkualitas dari PT Markaindo Selaras. Perusahaan ini memasok semua kebutuhan dapur mulai dari aneka tepung, bumbu kering dan selongsong sosis yang berkualitas. 

Ingin langsung melakukan pemesanan? Lebih mudah melalui email marketernya di marketing@markaindo.co.id. Anda masih ingin melihat produk yang tersedia di PT Markaindo? Silahkan kunjungi alamat websitenya di www.markaindo.com