Tepung tapioka tapioca starch, tepung terigu, dan tepung maizena adalah tiga jenis tepung yang sangat rentan dianggap sama oleh sebagian besar orang. Padahal kenyataannya ketiga jenis tepung ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sayangnya, jika Anda tidak mampu membedakan ketiga tepung ini, bisa jadi adonan masakan Anda akan gagal total. Sebab, karakteristik masing-masing tepung ini berbeda sesuai dengan bahan dasar pembuatannya. Namun, sebelum mengenali lebih jauh perbedaan ketiganya, alangkah lebih baik mengetahui perbedaan tepung dan starch. Tepung adalah bahan yang sudah dikeringkan dan digiling hingga menjadi bubuk halus. Sementara starch atau pati adalah hasil endapan air perasan bahan. Perbedaan antara starch dan tepung saja sudah terlihat, bukan?

Kemudian untuk perbedaan tepung tapioka, terigu, dan maizena dapat dilihat secara sederhana dari beberapa komponen. Pertama untuk tepung tapioka yang memiliki nama lain yaitu tepung kanji. Tepung tapioka tapioca starch didapat dari pati singkong atau endapan sir perasan singkong. Warna tepung tapioka ini sangat putih dan cukup berbeda dengan dua jenis tepung lainnya. Jika dipegang, tekstur tepung ini cukup licin dan terasa ada gesekan yang kaku. Tekstur ini membuat tepung tapioka mudah mengikuti bentuk baru. Jika dimasak, tepung tapioka memiliki tekstur yang kenyal. Hal ini tidak lain berkaitan dengan manfaat tepung tapioka tapioca starch sebagai bahan pengikat dan pengisi, meningkatkan kekentalan, dan memperbaiki tekstur makanan.

Baca juga: kenali macam macam perbedaan tepung

Beberapa makanan khas Indonesia menggunakan tepung tapioka sebagai campuran. Misalnya saja jajanan Sunda seperti siomay dan cilok. Bakso dan pempek juga merupakan contoh bahan makanan lain yang terbuat menggunakan campuran tepung tapioka. Dalam beberapa kasus, tepung tapioka juga digunakan sebagai lem kertas karena daya rekatnya yang cukup baik. Kemudian untuk tepung terigu, warnanya nampak lebih kusam atau kekuningan dibandingkan tepung tapioka. Teksturnya sangat lembut dan mudah terpisah antara satu partikel dengan partikel lainnya. Tekstur ini membuat tepung terigu sering dipakai untuk pelapis adonan agar tidak mudah lengket dengan adonan lain atau pun cetakan. Tepung terigu biasanya digunakan bersama dengan tepung tapioka dalam membuat makanan.

Meski demikian, penggunaan tepung terigu secara tunggal lebih banyak digunakan karena ukuran partikelnya yang halus. Beberapa masyarakat menaburkan tepung terigu pada kulit ikan sebelum digoreng agar ketika digoreng tidak meletup-letup. Ketiga yaitu tepung maizena. Tepung ini terbuat dari jagung yang telah dikeringkan dan digiling. Kegunaan tepung ini mirip dengan tepung kanji yaitu sebagai pengental. Tepung maizena juga banyak digunakan dalam industri pembuatan kue ataupun masakan rumah. Salah satu masakan yang menggunakan tepung maizena sebagai pengental adalah capcay. Jika Anda tidak memiliki tepung maizena, Anda tetap bisa menggunakan tepung tapioka tapioca starch. Ditambah lagi tepung tapioka umumnya dijual curah dan harganya lebih murah.

Produk tepung tapioka tapioca starch berkualitas akan menghasilkan produk yang tak kalah berkualitas pula. Hasil produksi makin terjaga kualitasnya dengan tapioca starch terbaik yang Anda gunakan saat ini. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tepung produksi Meelunie B.V. yang ternama sebagai pemasok pemanis dan tepung dari berbagai jenis tanaman seperti singkong, kentang, dan jagung. Bagi Anda yang membutuhkan tepung tapioka tapioca starch bisa langsung mengunjungi website Markaindo. Markaindo merupakan perusahaan yang memasok pengadaan bahan baku untuk industri makanan sejak tahun 1982.